Anda Mau Dapat Pinjaman KUR Alumni Prakerja Sebesar Rp 10 Juta : Ini Caranya

Foto Istimewa.
Foto Ilustrasi gaji

Jambi Seru – Ini kabar gembira untuk anda alumni Kartu Prakerja. Ada pinjaman lunak dengan bunga 3 persen untuk anda. Jika anda mau mendapatkan pinjaman KUR Alumni Prakerja sebesar Rp 10 juta itu, berikut ini cara untuk mendapatkannya.

Seperti diketahui, selain mendapatkan uang insentif sebesar Rp 2,4 juta, Alumni Kartu Prakerja juga berhak untuk mengajukan pinjaman untuk modal usaha. Nilai pinjamannya mencapai Rp 10 juta.

Pinjaman tersebut juga tanpa agunan dan diberikan melalui pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Mall di Palembang Heboh, Seorang Pria Tembakkan Airsoft Gun di Keramaian

Mengutip dari laman suara.com (media partner jambiseru.com), untuk cara mendapatkan KUR Alumni Kartu Prakerja, bisa dilakukan lewat Bank Rakyat Indonesia (BRI) ataupun Bank Negara Indonesia (BNI). Melalui KUR super mikro ini, para alumni Kartu Prakerja bisa mendapatkan bantuan berupa pembiayaan untuk tambahan modal usaha milik sendiri.

Pemberian bantuan modal usaha tersebut merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan. KUR Super Mikro dikhususkan bagi alumni Prakerja maupun masyarakat UMKM yang sebelumnya telah mengikuti program pelatihan kewirausahaan.

KUR Alumni Kartu Prakerja telah diluncurkan pemerintah sejak 2021 lalu, sebagai salah satu bentuk dari kebijakan percepatan ekonomi nasional (PEN). Pada tahun 2022 ini, pemerintah kembali menggulirkan KUR alumni Kartu Prakerja dengan nominal anggaran mencapai Rp 370 triliun.

Baca Juga : Perang Siber di Indonesia, Terdeteksi Ada 1,6 Miliar Serangan

Berbeda dengan skema KUR pada umumnya, KUR Alumni Kartu Prakerja Super Mikro tidak mensyaratkan minimal lama usaha. Meskipun demikian, calon penerima KUR Super Mikro yang belum mempunyai usaha dalam kurun wkatu selama 6 bulan, wajib mengikuti program pelatihan atau pendampingan usaha dari pemerintah.

Alumni Kartu Prakerja yang ingin mendapatkan KUR Super Mikro di tahun 2022, bisa mengajukan melalui bank BNI. KUR Super Mikro sangatlah bermanfaat bagi masyarakat karena subsidi bunga sebesar 3 persen dari pemerintah ini diperpanjang sampai dengan Desember 2022.

Untuk lebih jelasnya, ketahui cara daftar KUR Alumni Prakerja lengkap dengan syarat dan keuntungannya berikut.

Baca Juga : 15 Polisi Dipecat Serta Didemosi: Karena Terlibat Kasus Ferdy Sambo

Syarat Umum Pengajuan KUR Alumni Kartu Prakerja

Melansir promo.bri.co.id, terdapat 5 syarat utama pengajuan KUR BRI Super Mikro yang penting bagi calon nasabah perhatikan sebagai berikut:

1. Memiliki usaha yang produktif

2. Lama usaha tidak wajib lebih dari 6 bulan, untuk pemilik usaha yang kurang dari 6 bulan harus memenuhi salah satu syarat berikut ini:

Mengikuti pendampingan usaha
Mengikuti pelatihan wirausaha atau pelatihan yang lainnya

Tergabung di dalam kelompok usaha
Mempunyai anggota keluarga dengan usaha produktif yang layak
3. Fotokopi KTP dan KK

4. Memiliki Surat Keterangan Usaha minimal dari setingkat RT/RW

5. Belum pernah mendapatkan pinjaman KUR dan tidak berada dalam pinjaman

Program KUR BRI Super Mikro tersebut bisa UMKM akses langsung daftar pinjaman pengajuannya pada bank.

Cara Pengajuan KUR Alumni Prakerja BRI

1. Akses website resmi melalui kur.bri.co.id.

2. Pilih “Ajukan Pinjaman”.

3. Lalu, pilih menu “login” menggunakan alamat email kemudian masukkan kata sandi apabila sudah memiliki akun. Jika belum memiliki akun, maka calon nasabah dapat memilih “Daftar”.

4. Calon nasabah diharapkan terlebih dahulu membaca seluruh pernyataan yang diberikan oleh BRI. Jika sudah memenuhi syarat lalu klik “Setuju”.

5. Isi formulir pengajuan yang akan diberikan oleh BRI secara online seperti profil calon nasabah, profil usaha, unggah dokumen, dan juha data pengajuan.

Keuntungan KUR Alumni Prakerja

Berikut beberapa keuntungan yang akan didapat peserta program KUR alumni Prakerja:

1. Alumni bisa mendapatkan modal berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga sebesar 3 persen.

2. Para alumni program Kartu Prakerja dapat memanfaatkan pelatihan dan insentif yang didapat untuk berwirausaha.

3. Berkesempatan untuk menerima bantuan tambahan KUR super mikro Rp 10 juta.

Pos terkait

banner pln