Yamaha dan Honda Kembangkan Baterai Motor Listrik Swappable

Baterai Motor Listrik Swappable
Ilustrasi baterai motor listrik. [Kumpan Electric/Unsplash]

Jambi Seru – Yamaha dan Honda sepakat kembangkan bateria motor listrik yang dapat ditukar (swappable).

Dengan kesepakatan yang telah dilakukan, apakah kerjasama antar kedua pabrikan sepeda motor ini juga akan berlanjut di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Executive Vice President & COO PT YIMM, Dyonisius Beti menegaskan, kesepakatan tersebut hanya berlaku untuk pasar Jepang.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya di Jepang konsorsium baterai, untuk pasar Jepang. Belum untuk Indonesia,” ujar Dyonisius Beti, di Jakarta, baru-baru ini, dilansir laman Suara.com (partner Jambiseru.com).

Lelaki yang akrab disapa Dyon ini mengaku tidak menutup peluang untuk melakukan kerjasama pengembangan baterai di Indonesia.

“Kenapa tidak kalau di Indonesia bisa, kita terbuka. Tapi dilihat lagi harganya seperti apa, kalau jatuhnya lebih mahal kita beli saja. Tapi pasti lebih murah kalau dilakukan di Indonesia,” kata Dyonisius.

Sebagai informasi, kesepakatan konsorsium dalam pengembangan baterai motor listrik tidak hanya dilakukan oleh Yamaha dan Honda.

Tetapi juga melibatkan pabrikan sepeda motor lainnya seperti KTM F&E GmbH dan Piaggio Group.

Kolaborasi empat pabrikan motor ini berkomitmen untuk menyebarluaskan penggunaan kendaraan listrik ringan seperti moped, skuter, sepeda motor, motor roda tiga hingga motor roda empat.

Kerja sama tersebut mengarah pada pengembangan alat transportasi dan pengelolaan siklus hidup baterai yang lebih berkelanjutan.

Konsorsium tersebut percaya bahwa baterai dengan sistem swappable yang dikembangkan, akan menjadi kunci tumbuhnya elektromobilitas tegangan rendah.

Adapun tujuan dasar konsorsium adalah menjawab keraguan masyarakat akan sepeda motor listrik.(nas/suara)

Sumber: Suara.com (partner Jambiseru.com)

Pos terkait