Harimau Sumatera Masuk ke Pemukiman Padat Penduduk, Warga Ketakutan

Harimau Sumatera
Tim BBKSDA Riau saat memasang jebakan harimau yang dikabarkan masuk ke perkampungan. (ANTARA)

Jambi Seru – Seekor Harimau Sumatera masuk ke pemukiman padata penduduk dan membuat warga ketakutan. Masyarakat di daerah tersebut takut untuk keluar pada malam hari, karena takut dimangsa si raja hutan itu.

Kejadian ini terjadi di Desa Suak Lanjut, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak. Kemunculan harimau sumatera yang masuk ke pemukiman padat penduduk itu, telah beberapa kali disaksikan warga jejaknya di dalam perkampungan.

Menanggapi adanya harimau sumatera yang masuk ke pemukiman warga, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan melakukan mitigasi interaksi negatif harimau, guna menindaklanjuti informasi Kepolisian Sektor Siak. Dalam laporan tersebut, disebutkan adanya jejak harimau sumatera masuk ke pemukiman masyarakat padat penduduk di Kabupaten Siak.

Bacaan Lainnya

“Harimau sumatera berdasarkan laporan masyarakat masuk ke pemukiman padat penduduk di Desa Suak Lanjut Kecamatan Siak Kabupaten Siak, Senin (16/1),” kata Kepala BBKSDA Riau, Genman S Hasibuan dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin (23/1/2023), seperti dikutip dari laman kantor berita pemerintah, ANTARA.

Ia mengatakan, hasil peninjauan lokasi bersama penghulu kampung, pihak Polsek Siak, Bhabinkamtibmas Desa Suak Lanjut dan masyarakat sekitar menemukan jejak kaki berukuran panjang 13 centimeter lebar 11 centimeter.

Saat itu, katanya, belum dapat dipastikan melihat kondisi lokasi yang jauh dari kawasan hutan.

“Guna mencegah terjadi kontak fisik, tim melalui penghulu kampung, mengingatkan warga untuk berhati hati dan waspada serta tidak beraktivitas di luar rumah pada malam hari,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah mengimbau warga tidak beraktivitas seorang diri mengingat belum ada kepastian mengenai jejak satwa tersebut.

Pos terkait

banner pln