Pemerintah Angkat 1 Juta Guru Honor Jadi Setara PNS, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Angkat Guru Honor Setara PNS
Nadiem, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Kabar menggembirakan untuk seluruh guru honor yang ada di Indonesia. Pemerintah akan angkat guru honor setara PNS (Pegawai Negeri sipil). Bakal ada 1 juta guru honor yang diangkat jadi setera PNS . Kebijakan tersebut dikeluarkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dikatakan Nadiem, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan angkat guru honor setara PNS namun tetap ada seleksi. Nantinya, seluruh guru honor yang telah mengikuti seleksi akan diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaSering Nonton Video Panas, Remaja di Muarojambi Rudapaksa Mantan Pacar

Bacaan Lainnya

Dijadwalkan, seleksi untuk mengangkat 1 juta guru honor jadi setera PNS, akan dilakukan secara daring pada tahun depan. Seleksi akan dilakukan secara masal dan bisa diikuti seluruh pegawai honor yang telah memiliki SK.

Nadiem mengungkapkan, 1 Juta Guru Honor Berpeluang Jadi Pegawai setara PNS Tahun 2021. Kesempatan menjadi pegawai PPPK ini disediakan untuk seluruh guru honor yang lulus seleksi. Jika telah diangkat menjadi PPPK, maka guru honor tersebut aka memiliki peluang untuk mendapatkan tunjangan setara PNS namun bukan menjadi PNS.

“Tahun 2021 ini merupakan tahun pertama, kita memberikan kesempatan yang adil bagi seluruh guru honorer untuk bisa menjadi PPPK dengan seleksi yang adil, transparan,” kata Nadiem, dalam virtual conference, Selasa (17/11/2020).

Tiga Kali Kesempatan Seleksi

Para guru honor ini nantinya memiliki kesempatan sebanyak tiga kali dalam mengikuti seleksi. Nadiem Makarim sendiri yang memastikan setiap guru honor punya kesempatan sebanyak 3 kali untuk mengikuti seleksi tersebut. Sehingga, mereka yang tidak terpilih di 2021, bisa kembali ikut di tahun selanjutnya.

“Tidak hanya dijamin untuk bisa ikut tes seleksi, mereka (guru honor-red) juga kalau gagal pertama kali akan dapat kesempatan sampai tiga kali untuk bisa lulus tes seleksi,” sebut Nadiem Makarim lagi.

Sebelum mengikuti seleksi, nantinya pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan juga akan membuka pelatihan gratis. Pemerintah akan menyediakan berbagai materi pembelajaran, sebagai bekal untuk para guru honorer yang akan mengikuti ujian. Materi tersebut nantinya diberikan secara online dan untuk mendapatkan tidak perlu membayar alias gratis.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaKimono Gisel atau Baju Piyama Gisel Diburu, Ini Harganya

Dengan diberikan materi persiapan sebelum ujian ini, diharapkan kesempatan untuk para guru honor lulus akan semakin tinggi. Sementara dengan adanya seleksi, Nadiem makarim berharap para guru honorer yang lulus memiliki kemampuan maksimal. Mereka dapat membuktikan kelayakan mereka untuk menjadi PPPK.

Guru Honor Jambi Gembira dengan Pengkatan PNS

Mendengar rencana pengangkatan guru honor PPPK ini, guru-guru di Jambi langsung semangat dan bergembira. Mereka berharap ini bisa terlaksana dalam waktu dekat.

Sepeti diungkap Fitri (40), guru honor warga Eka Jaya, Kota Jambi, dirinya sudah 13 tahu mengabdi sebagai guru non PNS.

Karena itu, ketika pendataan lalu, ia sesegera mungkin melengkapi supaya bisa diproses lebih cepat lagi.

“Alhamdulillah. Semoga saja diterima dan diangkat jadi PNS. Ini sudah lama kami tunggu-tunggu,” ungkap Fitri.

Hal senada juga diungkap Dewi, guru non PNS salah satu SD dalam Kota Jambi.

Dewi mengaku sudah sangat lama menjadi guru honor di SD itu. Sekitar tahun 2005. Karena itu, begitu mendengar rencana pengangkatan guru honor, ia langsung mengikuti pendataan dan pemberkasan.

“Sekarang kabarnya sedang divalidasi di Jakarta. Semoga diangkat jadi PNS tanpa proses yang berbelit-belit,” tambah Dewi.(tra/Kumparan)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV7.

-----

Pos terkait

banner pln