Dihantam Angin Puting Beliung, Belasan Rumah di Tungkal Ulu Hancur

Rumah di Tungkal Ulu Hancur
Rumah warga di Desa Pematang Pauh, Kecamatan Tungkal Ulu yang hancur akibat diterjang angin puting beliung pada Selasa (14/2/2023) malam. Foto: Firman Saputra/Jambiseru.com

TANJABBAR, Jambiseru.com – Belasan rumah warga di Kecamatan Tungkal Ulu, Kabupaten Tanjabbar (Tanjung Jabung Barat) Provinsi Jambi, hancur dihantam oleh Angin Puting Beliung. Rumah-rumah yang hancur tersebut merupakan rumah semi permanen.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Tanjabar, Zulfikri, bencana angin puting beliung terjadi di dua wilayah di Kecamatan Tungkal Ulu. Pertama di Desa Pematang Pauh dan kedua di Kelurahan Pelabuhan Dagang.

“Kejadiannya terjadi pada Selasa (14/2/2023) malam, sekitar pukul 20.30 WIB,” katanya, Rabu (15/2/2023).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data yang diterima BPBD Tanjabbar, totalnya ada 11 rumah yang rusak di Desa Pematang Pauh. Sedangkan di Kelurahan Pelabuhan Dagang ada 1 rumah yang hancur.

Dari 11 rumah yang hancur tersebut, 6 rumah rusak ringan, 3 rumah rusak sedang, dan 2 rumah rusak berat.

“Untuk 1 rumah di Kelurahan Pelabuhan Dagang mengalami rusak berat, tapi korban jiwa tidak ada,” jelas Zulfikri.

Sementara, Camat Tungkal Ulu, Nandaliza mengatakan, untuk warga yang terdampak musibah sudah dilakukan peninjauan oleh pihak Kecamatan maupun TNI, Polri, Sat Pol PP, Damkar, dan Perangkat Desa.

“Saat ini Warga kita arahkan untuk bergontong royong membersihkan rumah yang terdampak musibah angin puting beliung,” ujarnya.

Nandaliza juga mengungkapkan, jika pihaknya sudah melaporkan kejadian ini ke Pemkab Tanjabbar melalui Sekda dan dinas terkait. (put)

Pos terkait