Perayaan Waisak 2556 Nasional Kembali Digelar di Candi Borobudur

Candi borobudur
Candi borobudur. (Ist)

Jambi Seru – Perayaan Waisak 2556 Nasional kembali digelar di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Perayaan ini dilakukan, setelah pada dua tahun belakangan tidak digelar di sana.

Pemilihan Candi Borobudur sebagai lokasi perayaan Waisak Nasional telah dipastikan Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi).

Perayaan akan dilangsungkan pada 16 Mei 2022. Namun karena saat ini masih pandemi maka peserta perayaan Waisak dibatasi, khususnya di zona I Borobudur hanya 1.200 orang.

Bacaan Lainnya

Untuk peserta arak-arakan dari Candi Mendut ke Candi Borobudur sebenarnya juga dibatasi, tetapi karena di jalan umum dan tempat terbuka maka susah dilakukan.

Rangkaian perayaan Waisak sudah dimulai pada 7 Mei 2022 dengan melakukan karya bakti di taman makam pahlawan di ibu kota provinsi di seluruh Indonesia.

“Tahun ini Walubi bersama Permabudhi merayakan Waisak di Borobudur, setelah dua tahun tidak diadakan karena pandemi,” kata Koordinator Waisak 2566 BE di Borobudur, Tanto Soegito Harsono di Magelang, Kamis.

“Kemarin kami juga sudah melakukan selamatan di tiga candi, yakni Mendut, Pawon, dan Borobudur,” katanya.

Pada 14 Mei 2022 dilakukan bakti sosial berupa pembagian paket bantuan sembako di Candi Borobudur, dilanjutkan pengambilan api dharma di Mrapen, Kabupaten Grobogan dan api disemayamkan di Candi Mendut.

Kemudian pada 15 Mei 2022 dilakukan pengambilan air berkah di Umbul Jumprit Kabupaten Temanggung dan air disakralkan di Candi Mendut.

Pos terkait