Masjid dan Mushola di Muaro Jambi Banyak Belum Punya Akta Ikrar Wakaf

Masjid dan Mushola di Muaro Jambi
Ilustrasi. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Masjid dan Mushola yang ada di Kabupaten Muaro Jambi, ternyata ada banyak yang belum memiliki Akta Ikrar Wakaf (AIW).

Kantor Kemenag Kabupaten Muaro Jambi mencatat ada sebanyak 571 Masjid termasuk Mushola di Muaro Jambi hanya ada 10 persen yang sudah melengkapi syarat administrasinya. Bahkan, selebihnya belum.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Muaro Jambi melalui Kasih Bimas, Majdi mengatakan, kesadaran para pengurus masjid untuk mengurus kelengkapan administrasi sangat kurang, padahal itu semua sangatlah penting.

Bacaan Lainnya

Kata dia, rata rata tanah bangunan tempat rumah ibadah seperti masjid dan mushollah merupakan harta wakaf. Oleh karena itu, Pengurus Masjid harus segera mendaftarkannya di Kantor Urusan Agama untuk segera mendapatkan Akta Ikrar Wakafnya atau AIW.

“Kita di Kementerian Agama ini ada Kepala KUA yang sekaligus juga sebagai Pajabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf. Ini harus dimanfaatkan jangan sampai orang berwakaf untuk tempat ibadah atau untuk kemaslaatan ummat lalu niatan wakaf ini mencari pahala malah nantinya berakibat hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Majdi.

Pos terkait