Pemkab Batanghari Kembali Terima Program BSPS

  • Whatsapp
Kabid Permukiman Dinas Perkim Kabupaten Batanghari, Purwanto
Kabid Permukiman Dinas Perkim Kabupaten Batanghari, Purwanto. Foto : Rizki/Jambiseru.com

JAMBISERU.COM – Pemerintah Kabupaten Batanghari pada Tahun 2021 ini kembali melaksanakan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), dengan menggunakan dana dari Pemerintah Pusat.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaAbdullah Sani Jadi Ketua Dewan Syuro PKB

Bacaan Lainnya

Kabid Permukiman Dinas Perkim Kabupaten Batanghari, Purwanto mengatakan, pada Tahun 2021 anggaran untuk BSPS mengalami penambahan dari tahun sebelumnya.

“Tahun 2020 lalu bantuan satu unit hanya Rp. 17 juta rupiah. Untuk Tahun 2021 ini bantuan satu unit mengalami penambahan jadi Rp. 20 juta rupiah,” kata Kabid Permukiman Dinas Perkim Kabupaten Batanghari, Purwanto, Senin (11/1/2021).

Dikatakan Purwanto, untuk sistem pembelanjaan akan melalui tahap verifikasi yang dilakukan tim kelompok di kelurahan. Kelompok tersebut yang membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB), setelah sesuai dengan bahan baku dan pihak toko bangunan akan mencairkan uang.

“Tapi uang tersebut akan dibelanjakan langsung dalam bentuk barang. Dan untuk limit waktu pemgerjaan rumah akan diberi waktu Tiga bulan, meskipun lambat dalam pekerjaan tidak jadi masalah,” ujarnya.

Disebutkan Purwanto, untuk proses pengerjaan tersebut memang harus dikerjakan. Jika tidak dikerjakan sama sekali, maka penerima BSPS harus mengembalikan uang tersebut ke pemerintah pusat.

“Untuk tahap awal penerima BSPS harus memiliki tanah sendiri atau rumah,setidaknya ada pondasi dalam tanda kutip rumah tidak layak,” terangnya.

Dilanjutkan Purwanto, untuk ukuran rumah penerima BSPS tidak ada batasannya. Ukurannya bebas tergantung swadaya makin banyak swadayanya makin lebar.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaRajawali Muaro Jambi Amankan Kayu Ilegal

“Untuk syarat dalam pengajuan BSPS, calon penerima perlu melengkapi dokumen sebagai berikut foto copy akta tanah, foto copy KK, foto copy KTP yang bersangkutan dan foto terakhir rumah,” pungkasnya.(riz)

Pos terkait