BPS dan Pemkab Muaro Jambi Lakukan Regsosek

BPS dan Pemkab Muaro Jambi Lakukan Regsosek
BPS dan Pemkab Muaro Jambi Lakukan Regsosek.Foto: Uda/Jambiseru.com

Jambi Seru – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muaro Jambi, bersama Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, menggelar sosialisasi Registrasi sosial ekonomi (Regsosek) kepada ratusan Kepala Desa. Kegiatan tersebut dilakukan di ruang nang inang Kantor Bupati Muaro Jambi.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Muaro Jambi, Kepala BPS Kabupaten Muaro Jambi, Kapolres Muaro Jambi dan unsur Forkompinda Kabupaten Muaro Jambi.

Kepala BPS Kabupaten Muaro Jambi, Muji Lestari mengatakan, sosialisasi yang dilakukan ini merupakan pendataan awal registrasi sosial ekonomi 2022 yang dilakukan sebelum petugas turun ke lapangan.

Bacaan Lainnya

Katanya, petugas di lapangan nantinya akan turun ketengah masyarakat untuk mendata ulang sosial ekonomi masyarakat. Mulai dari aspek tentang kependudukan, ketenagakerjaan, permukiman, disabilitas dan juga bantuan sosial.

“Tujuannya supaya satu data. Selama ini pendataan itu masing-masing, jadi nanti pemangku kebijakan bisa memutuskan arah kebijakan,” kata Muji Lestari.

Dikatakan Muji, pemerintah dan instansi terkait ke depannya bisa mengambil data dengan BPS. Sehingga nantinya antara BPS dan pemerintah daerah satu data.

“Kalau sumbernya satu data, semua berkiblat itu mudah mendeteksi dan itu adalah dasar yang kuat. Kalau sumbernya banyak gimana,” katanya lagi.

Selama ini, data yang beredar itu berbagai versi. Bahkan banyak yang tumpang tindih. Seperti bantuan sosial, di mana ada yang menerima lebih dari satu bantuan, kemudian ada yang berhak menerima tapi tidak menerima.

Pos terkait