Ada 16.163 Penyandang Disabilitas di Jambi, Arief Munandar: Kita Berikan Wadah Kreativitasnya

Asrama disabilitas
Gubernur Jambi saat meresmikan asrama disabilitas beberapa waktu lalu. Pemprov Jambi terus melakukan peningkatan pelayanan pada penyandang Disabilitas, (ist)

Jambi Seru – Berdasarkan data Dinas SOsial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil), ada 16.163 penyandang disabilitas di Provinsi Jambi. Mereka terdiri dari berbagai kategori dan tersebar di seluruh kabupaten/kota,

Menurut Arief Munandar, Kepala Disosdukcapil, dari 16.163 orang penyandang disabilitas tersebut, terdiri dari 6.225 orang merupakan penyandang disabilitas intelektual, kemudian 4.555 orang merupakan tuna rungu dan wicara, kemudian disabilitas mental 3.725 orang dan tuna netra sebanyak 1.658.

Seluruh penyandang disabilitas tersebut, mendapatkan pelayanan dan rehabilitasi langsung dari Dinsosdukcapil. Baik itu pelayanan dari dalam panti dan juga dari luar panti.

Bacaan Lainnya

“Untuk pelayanan di luar panti pada tahun 2022 lalu, telah dilakukan pelayanan terhadap penyandang disabilitas sebanyak 807 orang,” katanya, Selasa (17/1/2023).

Dijelaskan Arief, terhitung sejak tahun 2018 lalu, pihak Dinsosdukcapil telah melakukan pelayanan dan rehabilitasi sosial terhadap penyandang disabilitas mental (ODGJ). Totalnya yang mendapatkan rehabilitasi sebanyak 125 orang setiap tahun. Mereka mendapatkan rehabilitasi di panti Talangbakung.

“Pada tahun 2022, kita melakukan pengembangan layanan dan dibangun asrama panti disabilitas Multi Layanan, dengan kapasitas 30 orang, sekaligus membangun gerai disabilitas,” terangnya.

Arief berharap, dengan dibangunnya gerai disablitas ini, menjadi wadah kreativitas dan keterampilan wira usaha, bagi penyandang disablitas.

“Nanti akan ada usaha cafe, shiatsu, salon, handcraft, menjahit, cuci mobil dan motor, dan lain sebagainya, sesuai dengan bakat keterampilan teman disabilitas miliki,” tandasnya. (tra)

Pos terkait

banner pln