Apa Arti Power Play di Futsal? Ini Penjelasannya

apa arti power play
Ilustrasi Futsal. Foto : Istimewa

JAKARTA, Jambiseru.com – Berikut penjelasan arti power play di futsal. Futsal adalah salah satu olahraga bola kecil yang juga populer di dunia.

Mirip dengan sepak bola, tujuan bermain futsal adalah memasukkan bola ke gawang sebanyak-banyaknya. Tim yang meraih kemenangan dalam sebuah pertandingan adalah mereka yang berhasil membobol gawang lawan lebih banyak.

Namun, beberapa perbedaan dapat kita temui di futsal dan sepak bola. Jumlah pemain futsal di atas lapangan yakni 5 orang. Jumlah tersebut tentu berbanding terbalik dengan sepak bola yang dimainkan 11 orang.

Bacaan Lainnya

Hal itu mengingat ukuran lapangan futsal lebih kecil dibandingkan sepak bola. Semakin sempit ukuran lapangan, maka setiap pemain futsal harus meminimalisir pergerakan dan memainkan bola dengan cepat serta dinamis.

Dalam dunia futsal, terdapat berbagai istilah penting yang perlu diketahui oleh pemain ataupun banyak orang, salah satunya adalah power play.

Arti Power Play dalam Futsal

Melansir berbagai sumber, Minggu (15/10/2023) power play merupakan skema permainan dalam olahraga futsal. Skema bermain dengan mode menyerang ini melibatkan kiper dalam permainan. Ia pun diperbolehkan untuk membantu skema penyerangan tim.

Adapun pemain yang diperbolehkan untuk menjadi kiper di skema power play adalah non kiper. Pemain yang dimaksudkan adalah ia yang berposisi sebagai anchor, flank, dan pivot.

Pemain yang menjadi penjaga gawang pada skema power play itu harus mengenakan jersey kiper. Hal itu bertujuan agar wasit maupun pemain lawan dapat mengetahui perbedaan posisi pemain tim yang sedang menerapkan sistem power play.

Meski kiper dapat bergerak ke berbagai sisi lapangan sesuka hati, salah satu peraturan yang harus ditaati dan dipatuhi kiper dalam sistem power play adalah dilarang menahan bola lebih dari empat detik.

Selain itu, kiper dalam sistem power play juga dilarang untuk menyentuh bola menggunakan tangan. Dalam futsal, setiap pemain hanya diperbolehkan hanya boleh menahan bola selama empat detik di wilayah permainan sendiri. (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait