Evaluasi Kinerja Wasit, PSSI Tiru Cara Liga Inggris 

video assistant referee
Video Assistant Referee. Foto: DAZN

JAKARTA, Jambiseru.com – PSSI meniru cara Liga Inggris guna mengevaluasi kinerja wasit. Mereka bakal memakai Referee Evaluation Resource (Refer) System.

PSSI tampak serius membuat Liga 1 naik kelas. Setelah penggunaan Video Assistant Referee (VAR) telah pasti bakal dipakai untuk musim depan, akan ada juga sistem baru yang diterapkan untuk mengevaluasi wasit.

Wakil Ketua Komisi Wasit, Yoshimi Ogawa, menyampaikan kalau Refer System bisa meningkatkan kualitas wasit. Sistem ini sebelumnya telah digunakan pada kompetisi Liga Inggris.

Bacaan Lainnya

“Refer System ini adalah sistem evaluasi wasit terbaru. Karena wasit perlu menyesuaikan evaluasi dari ahli kami, kami sebut wasit penilai,” kata Ogawa kepada wartawan termasuk MNC Portal Indonesia, Senin (8/7/2024).

“Pada musim baru ini, kami akan menggunakan sistem evaluasi baru yang telah dilaksanakan oleh Inggris Premier League,” lanjutnya.

Refer System adalah sistem penanda otomatis. Sistem ini memungkinkan untuk mengevaluasi secara berkala performa para wasit untuk membantu mengembangkan performa mereka. Sistem ini juga menggabungkan materi latihan, untuk terus dilakukan.

Ogawa menjelaskan kalau Refer System ini sangat akurat. Nantinya para wasit Tanah Air bisa mengetahui apa yang harus diperbaiki. Sebab nantinya, para wasit akan mendapat evaluasi dari Referee Assessor.

“Sistem ini sangat akurat. Bukan hanya evaluasi, kami juga dapat memberikan materi pelajaran yang diperlukan kepada mereka dengan feedback,” ujarnya.

Ogawa mengapresiasi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir beserta jajarannya karena mengambil langkah untuk memakai Refer System. Dia sangat yakin sistem ini akan sangat membantu kinerja perwasitan di Indonesia.

“Kami sangat menghargai kepada pak Erick Thohir dan Exco PSSI untuk menghadirkan sistem ini. Pasti wasit kita akan bisa melihat perkembangan mereka setiap pertandingan, dan kemudian mereka bisa memperbaikinya,” terang Ogawa.

Refer System rencananya akan dilakukan di Liga 1 dan 2 2024/2025. Rencananya, sistem tersebut baru akan diterapkan pada bulan Desember mendatang. (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait