Siapa Saja Pemain yang Ikut TC Timnas Indonesia U-23 di Dubai?

jadwal indonesia vs iran
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberi instruksi kepada pasukannya pada pemusatan latihan di Antalya, Turki, Rabu (27/12/2023). (Foto: PSSI)

JAKARTA, Jambiseru.com – Timnas Indonesia U-23 akan menggelar pemusatan latihan (TC) di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Hal tersebut sebagai persiapan Garuda muda menatap Piala Asia U-23 2024.

Rencana TC itu diungkapkan Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan. Hanya saja, Endri tidak memberikan tanggal pasti kapan TC di Dubai itu akan berlangsung.

Tapi menurutnya, kemungkinan TC di Dubai digelar satu minggu sebelum lebaran. Setelah itu, Timnas Indonesia U-23 akan bertolak ke Qatar untuk mematangkan persiapannya di Piala Asia U-23 2024.

Bacaan Lainnya

“Yang TC-nya memang belum secara resmi ya, artinya mungkin awal memang mau ke Dubai, kira-kira satu minggu sebelum lebaran kita ada di Dubai,” tutur Endri kepada awak media di Jakarta, Senin (5/2/2024).

“Setelah itu mungkin kita tanggal 6 atau 7 (April) kembali ke Qatar untuk persiapan pertandingan yang sebenarnya di U-23,” sambungnya.

Kabarnya Timnas Indonesia U-23 akan menjalani TC di Dubai pada 31 Maret mendatang. Skuad Garuda Muda akan menjalani laga uji coba selama TC disana.

Hanya saja, Endri tidak memberikan penjelasan mengenai agenda uji coba Timnas Indonesia U-23 selama TC di Dubai. Pria yang juga menjabat sebagai Komite Eksekutif (Exco) ini hanya membeberkan rencana TC Skuad Garuda Muda di Dubai.

Piala Asia U-23 2024 akan berlangsung di Qatar dan berlangsung mulai 15 April sampai 3 Mei mendatang. Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania.

Belum diketahui siapa saja pemain yang akan dipanggil Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. Tapi yang pasti Piala Asia U-23 tidak masuk dalam kalender FIFA dan bentrok dengan bergulirnya kompetisi klub.

Liga 1 2023-2024 pun tetap bergulir di tanggal tersebut. Kemungkinan besar bakal ada beberapa pelatih yang menghalangi pemainnya untuk bergabung Timnas Indonesia U-23.

Kondisi ini membuat Shin Tae-yong terancam tak bisa membawa skuad terbaiknya. Padahal, jika pelatih asal Korea Selatan itu bisa membawa skuad yang komplet, peluangnya akan lebih besar untuk memenuhi target ke perempat final.

Ada 11 pemain Timnas Indonesia senior yang bisa dibawa STY ke Piala Asia U-23 2024. Dari Liga 1 ada Ernando Ari (Persebaya Surabaya), Rizky Ridho (Persija Jakarta), Witan Sulaeman (Bhayangkara FC), Hokky Caraka (PSS Sleman), dan Ramadhan Sananta (Persis Solo).

Kemudian, dari kompetisi luar negeri ada Elkan Baggott (Bristol Rovers), Pratama Arhan (Suwon FC), Justin Hubner (Wolverhampton Wanderers), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Ivar Jenner (FC Utrecht), dan Rafael Struick (ADO Den Haag).

Shin Tae-yong mungkin masih bisa membawa pilar-pilar dari Liga 1 Indonesia, karena hanya membutuhkan komunikasi yang intens dari PSSI. Namun, ceritanya berbeda untuk pemain yang berkarier di luar negeri, khususnya di Eropa. (esa)

Sumber : iNews.id

Pos terkait