Sosok Yahya Ali Al Mulla, Wasit Kontroversial di Laga Indonesia vs Thailand

Sosok Yahya Ali Al Mulla
Wasit Yahya Ali Almula memberi kartu merah untuk Firza Andika. Foto: Tangkapan Layar Youtube MNCTV Official

Sosok Yahya Ali Al Mulla, Wasit Kontroversial di Laga Indonesia vs Thailand

Jambi Seru – Sosok Yahya Ali Al Mulla, wasit yang memimpin laga Timnas Indonesia U-23 vs Thailand di semifinal SEA Games 2021 menarik perhatian publik.

Nama Yahya Ali Al Mulla menjadi sorotan setelah dirinya menjadi pengadil lapangan di laga panas antara Timnas Indonesia U-23 vs Thailand, Kamis (19/5).

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia U-23 harus menyerah 0-1 dari Thailand usai bertanding selama 120 menit.

Skuat Garuda Muda harus menyerah usai Thailand mampu mencetak gol di menit ke-95 babak pertama Extra Time, lewat Weerathep Pomphan.

Pasca gol tersebut, Timnas Indonesia U-23 pun berupaya mendapatkan gol penyama kedudukan di waktu yang tersisa di babak Extra Time.

Hanya saja, upaya Timnas Indonesia U-23 mencetak gol ini harus terbentur beberapa kendala, baik dari internal atau pemain itu sendiri maupun dari eksternal.

Salah satu gangguan dari eksternal yang menghambat laju Timnas Indonesia U-23 di laga itu adalah keputusan wasit yang memimpin pertandingan, yakni Yahya Ali Al Mulla.

—————————————–

Baca juga : 

Skandal Investasi Bank Jambi, Ini Kata Gubernur Al Haris

Bank Jambi dan Kasus SNP Finance

Dirut Bank Jambi El Halcon Arogan

—————————————–

Wasit asal Uni Emirat Arab ini menjadi sorotan karena dianggap memberikan keputusan berat sebelah yang merugikan Timnas Indonesia U-23.

Salah satunya adalah Handball pemain Thailand di area penaltinya sendiri. Wasit yang berdiri tak jauh dari tempat kejadian, mengabaikan kejadian tersebut, meski para pemain Indonesia melakukan protes.

Puncaknya terjadi saat Yahya Ali Al Mulla memberikan tiga kartu merah ke para pemain Indonesia dan hanya memberikan satu kartu merah ke pemain Thailand saat kedua pihak berseteru hingga kontak fisik.

Di balik keputusan Yahya Ali Al Mulla yang dianggap berat sebelah itu, ternyata dirinya punya label sebagai salah satu wasit terbaik di Uni Emirat Arab.

Wasit Terbaik Uni Emirat Arab

Yahya Ali Al Mulla dikenal sebagai salah satu wasit yang tegas. Dilansir dari Transfermarkt, ia telah memimpin 52 pertandingan sejauh ini.

Dalam 52 pertandingan itu, Yahya Ali Al Mulla tak segan mengeluarkan 207 kartu kuning dan 4 kartu merah di pertandingan yang ia pimpin.

Diketahui, Yahya Ali Al Mulla belum lama menjalani profesi sebagai wasit di level internasional. Ia baru mendapat lisensi FIFA pada 2020 lalu.

Meski baru mendapat lisensi FIFA pada 2020 lalu, Yahya Ali Al Mulla berhasil masuk dalam elite panel wasit di Asia pada 2021.

Status yang ia dapatkan itu membuatnya kemudian bisa memimpin laga-laga bergengsi, seperti turnamen-turnamen di kancah Asia, semacam SEA Games dan Piala AFC U-23.

Karena statusnya itu dan kepemimpinannya yang tegas, Yahya Ali Al Mulla pun disebut-sebut sebagai salah satu wasit terbaik di Uni Emirat Arab. (esa)

Sumber : suara.com (media partner jambiseru.com)

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

banner pln