Wabup Ami Taher Buka Seleksi Penerimaan Beasiswa Hafidz Qur’an Tingkat Kabupaten Kerinci

JAMBISERU.COM – Dalam rangka mengoptimalkan dan sekaligus meningkatkan hafalan Alquran bagi hafiz dan Hafizah, Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci, Selasa (24/11/2020) kemarin, mengelar seleksi Penerimaan Beasiswa Hafiz – Hafizah Al-qur’an, sebagai wujud dari program pemerintah kerinci yakni kerinci cerdas 2020.

Dalam acara ini hadir Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher, Plt Kadis Pendidikan Kerinci, Murison, Kabag Kesra, Camat, dan Para Tim Juri.

Pembukaan seleksi penerimaan Beasiswa Hafiz Al-Qur’an dibuka langsung oleh Wakil Bupati kerinci, Ami Taher yang bertempat di SD Negeri 114/III Dusun Baru Siulak Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pertama kali di adakan tahun 2020 dan merupakan program pemerintah kabupaten kerinci, untuk memberikan motivasi bagi para hafiz dan hafizah supaya terus meningkatkan hafalan maupun bacaan Alquran dan dekat dengan Alquran.

“Alhamdulillah, para hafiz dan hafizah sangat antusias mengekuti seleksi penerimaan beasiswa Hafiz Al-qur’an, laporan dari panitia sampai saat ini peserta yang mengikuti seleksi ini sudah mencapai 603 orang, seleksi ini dari tingkat SD, SMP, SMA sederajat dan sampai dengan S1, S2 dan S3,” kata Wabup Ami Taher.

Ami Taher mengatakan dirinya yakin suatu saat nanti Kabupaten Kerinci akan menjadi kampung Al-quran. Ia berharap dengan adanya program ini generasi muda bisa lebih dekat dengan Alquran.

“Pemkan kerinci juga mempunyai program perkaderan guru – guru inti Hafiz Al-qur’an, yang saat ini sedang berjalan diseluruh Kecamatan dengan adanya hal tersebut akan banyak melahirkan guru yang berkualitas, serta bacaan yang baik dan mudah – mudahan rumah Tahfiz terbentuk di kabupaten kerinci,” pungkasnya.

Plt Kadis Pendidikan Kerinci, Murison dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan menunjang salah satu program pemerintah Kerinci yakni Kerinci cerdas dengan memberikan beasiswa kepada hafiz dan hafizah yang berprestasi.

Murison juga mengucapkan rasa syukur, dimana perserta yang ikut seleksi hafiz Al-qur’an ini adalah seluruh sekolah yang ada di kabupaten kerinci mulai dari tingkat SD sampai Kepeguruan tinggi.

“Kegiatan ini merupakan program misi dan visi Pemkab Kerinci dibawah kepemimpinan Bupati, Adirozal dan Wakil Bupati Kerinci, Ami Taher yaitu menuju kerinci cerdas 2020, adapun cabang yang dilombakan adalah hafalan 1 jus, 3 jus, 5 jus, 7 jus,10 jus,15 jus dan 30 jus,” ungkapnya.

Murison menambahkan untuk kegiatan seleksi beasiswa Hafiz- Hafizah Al-qur’an ini digelar di Dinas Pendidikan Kerinci. “Untuk kegiatan lain juga ada seperti siswa berprestasi, Akademis dan O2SN yang diselengara oleh Dinas Pendidikan,”pungkasnya.(oga)

Pos terkait