Al Haris Sebut Untuk Tingkatkan Ekonomi Jambi butuh PSN Setiap tahun

Al Haris Sebut Untuk Tingkatkan
Bupati Merangin, Al Haris. Foto : Dok/Istimewa

Jambiseru.com – Untuk meningkatkan perekonomian di Provinsi Jambi, menurut Bupati Merangin, Al Haris, dibutuhkan satu item saja Program Strategis Nasional (PSN). Program ini sangat penting, karena berdampak besar pada perkembangan perekonomian masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan H Al Haris, ketika mengikuti jalannya Musyawarah rencana pembanguan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jambi 2022, di Auditorium Swiss Bell Hotel Jambi, Selasa (6/4/2021).

“Jadi kalau kita simak dari paparan yang disampaikan Pak Sekjen Mendagri tadi, ada delapan aitem program yang diakomodir Pemerintah Pusat. Delapan aitem itu, tidak berimbang dengan kondisi Provinsi Jambi sebenarnya,” ujar Bupati.

Bacaan Lainnya

Disitu lanjut bupati, ada program pelatihan, rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) dan program lainnya. Delapan aitem tersebut, dianggap bupati kurang berdampak pada peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Ini perlu menjadi catatan kita semua. Masih perlu perjuangan lagi sehingga Provinsi Jambi bisa mendapat aitem-aitem lainnya, untuk mendongkrak perbaikan perekonomian masyarakat dimasa pandemic Covid-19 ini,” terang Bupati.

Pada Musrenbang yang dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, Sekda Provinsi Jambi dan sejumlah pejabat lainnya itu, H Al Haris minta ke Pemerintah Pusat, program-program yang diluncurkan untuk daerah harus singkron dengan kebutuhan daerah.

“Kalau program Pusat itu singkron dengan kebutuhan daerah, akan jadi lebih mudah dalam membangun daerah. DPR RI juga kalau melakukan reses jadi menyambung,” tegas Bupati.

Pada kesempatan itu H Al Haris juga minta, terjadinya pemerataan pembagian program Pemerintah Pusat ke daerah yang sesuai dengan kebutuhan daerahnya. Jangan sampai ada daerah yang mendapat kecil dan ada yang mendapat besar.

“Rakyat kita itu ada di kabupaten/kota, sehingga penyaluran program harus dititik beratkan ke situ. Bappeda perlu menyampaikan setiap daeahnya mendapat berapa, sehingga lebih terbuka dan transparan,” pinta Bupati. (edo)

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : KPU Sebut PSU 5 Mei Baru Usulan, Nazli : Makin Tak Jelas!

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Gara-gara PSU, APBD Ngadat Pembangunan Terlambat

Pos terkait