Begini Alur Monetisasi Instagram 

instagram
instagram

Jambiseru.com – Begini cara monetisasi Instagram dengan cepat. Monetisasi adalah upaya membuat sesuatu agar menghasilkan uang, atau sederhananya, mengubah sesuatu menjadi sumber uang.

Dalam ranah media sosial, ‘monetisasi akun’ berarti merujuk pada kondisi ketika seorang pemilik akun media sosial mulai ‘menguangkan’ akunnya, dengan cara menjadikan laman akunnya sebagai wadah branding dan pemasaran.

Monetisasi akun ini muncul bersamaan dengan keberadaan influencer-influencer media sosial. Influencer media sosial bisa berasal dari masyarakat kelas mana pun, tidak mesti berasal dari kalangan artis.

Bacaan Lainnya

Rate card yang dipatok selebritis Instagram, TikTokers, dan YouTubers bisa jadi lebih tinggi dibanding rate card yang dipatok artis ibu kota. Apalagi jika jumlah pengikutnya sudah mencapai jutaan dan tiap konten dijamin mendapatkan engagement yang baik.

Potensi engagement yang baik adalah salah satu alasan mengapa brand banyak bekerja sama dengan influencer sebagai Key Opinion Leader (KOL). Influencer memiliki audiens yang besar, sehingga brand dapat memperkirakan berapa eksposur yang akan diperolehnya.

Bagi brand, kerja sama dengan influencer akan membuat potensi penjualan meningkat, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap brand. Sementara bagi pemilik akun, kerja sama itu akan menghasilkan pemasukan berupa uang.

Ada beberapa cara untuk monetisasi Instagram dengan cepat, bagaimana alurnya? Langkah pertama tentu saja Anda harus mengembangkan akun terlebih dahulu. Kembangkan jumlah audiens dan upayakan interaksi yang stabil.

Penambahan jumlah followers dan interaksi yang stabil secara organik cukup sulit dilakukan di Instagram. Sebab seorang influencer harus memulai dari awal, rajin mengunggah konten sesuai spesifikasinya, cermat menggunakan tagar, dan aktif berinteraksi.

Jika akun Anda diberi tanda centang biru oleh Instagram, berarti akun Anda sudah cukup layak untuk disebut berpengaruh—setidaknya bagi audiens Anda—di platform tersebut. Sebab Instagram tidak memberlakukan tanda verifikasi berbayar seperti X.

Waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan akun bisa beragam. Ada influencer yang berhasil mengembangkan akun dalam setahun, ada yang memerlukan waktu bertahun-tahun. Ada pula yang memerlukan momentum khusus untuk dikenal publik.

Ketika jumlah pengikut mulai mencapai puluhan ribu, Anda sudah siap untuk melakukan monetisasi. Nah, bagaimana cara monetisasi Instagram dengan cepat? Berikut cara-cara monetisasi yang patut dipertimbangkan.

Cara Monetisasi Instagram dengan Cepat Beserta Alurnya

1. Endorsement

Endorsement adalah ketika influencer mengiklankan produk pada konten yang diunggahnya. Endorsement berfungsi layaknya iklan untuk produk milik klien. Biasanya influence memakainya lalu membuat foto konten untuk produk tersebut.

Konten endorsement ini bisa juga dibuat dengan naskah fiksi, lengkap dengan premis iklan dan tagline produk secara lengkap. Tergantung bagaimana kesepakatan pemilik akun dengan kliennya.

2. Product Placement

Penempatan produk dalam konten contohnya adalah ketika seorang influencer melakukan live IG atau membuat konten IG reels dan sebagainya. Konten dibuat seolah bercerita, lalu produk yang diiklankan akan dibahas secara halus.

Namun ada pula yang terang-terangan mengiklankan produk di tayangan konten videonya. Produksi konten untuk pemasaran produk semacam ini memerlukan waktu pembuatan yang tak sedikit.

3. Afiliasi

Program afiliasi tidak hanya berupa mencantumkan link pembelian produk pada thread percakapan di X, cara ini selain membuat orang jengah, juga akan membuat orang lama kelamaan jenuh.

Afiliasi juga dapat dilakukan oleh influencer, malah merek sangat mudah untuk memonetisasi akunnya dengan afiliasi. Misalnya, influencer saham yang membuat konten saham lalu pada akhir video menyebutkan kode referral untuk calon investor baru.

Influencer tersebut akan membahas tentang aplikasi sekuritas yang ia pakai—sekaligus bekerja sama dengannya—kemudian barulah mereka akan membagikan kode referal kepada orang lain agar ia mendapatkan bonus leih tinggi.

4. Menjual Produk Sendiri

Jika Anda pernah melihat influencer yang meluncurkan merchandise-nya sendiri, atau menjual sendiri produk yang ia rancang dan bangun sejak awal, itulah yang dimaksud dengan menjual produk sendiri. Pastikan Anda memproduksi barang yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat.

5. Membagikan Ilmu

Membagi ilmu adalah salah satu cara yang digunakan influencer untuk tetap relevan dengan kondisi peasar. Mengajar kelas, memberi training, membuka sesi tanya jawab, besar kemungkinan orang akan tertarik untuk mengikuti konten-konten Anda.

Setelah akun Anda berkembang, perjalanan selanjutnya adalah mengembangkan ragam konten dan mempertahankan stabilitas interaksi sebelum akhirnya mulai menerima tawaran kerja sama dari klien.

Itulah cara monetisasi Instagram dengan cepat beserta alurnya. (uda)

Sumber: iNews.Jambi.id

Pos terkait