Provinsi Jambi Indonesia Setahun 2021

Provinsi Jambi Indonesia
Swiss Belhotel Jambi. Foto : Istimewa

Tajuk Rencana

Provinsi Jambi Indonesia selama tahun 2021 dalam berita di portal media online lokal Jambi Seru (Jambiseru.com), diwarnai berbagai warna di berbagai sektor.

Ada banyak peristiwa yang terjadi dan terekam database Jambi Seru.

Bacaan Lainnya

POLITIK JAMBI

Yang menonjol pada tahun 2021 lalu ialah politik. Konstelasi politik di Provinsi Jambi meningkat ketika Mahkamah Konstitusi (MK) RI memerintahkan agar KPU Provinsi Jambi melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU).

Pada Mei 2021, PSU dilaksanakan KPU Provinsi Jambi. PSU berlangsung relatif aman, lancar dan kondusif.

Cek Endra-Ratu Munawarroh, sebagai rival kental Al Haris-Abdullah Sani legowo menerima hasil PSU dan tidak lagi menggugat ke MK terkait haris PSU.

Akhirnya, Al Haris-Abdullah Sani terpilih sebagai Gubernur Jambi-Wakil Gubernur Jambi periode 2021-2024.

COVID 19 JAMBI

Lalu pada peristiwa pandemi corona virus disease 2019 (Covid 19), di Jambi mengalami angka penurunan drastis. Pembatasan-pembatasan berskala sempat dilakukan di beberapa kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi.

Mulai dari lebaran Idul Fitri sampai jelang natal dan tahun baru 2022.

Minat masyarakat Jambi dilihat dari statistik google pembaca Jambi Seru, makin hari makin menurut untuk sisi berita Covid 19.

Sementara, menggunakan masker mulai jadi kebiasaan masyarakat di Provinsi Jambi. Ini terlihat di pusat-pusat keramaian, rata-rata sudah menerapkan protokol Covid-19.

Mal dalam Kota Jambi, pasar-pasar di Jambi, jalan raya, rata-rata sudah biasa melihat masyarakat menggunakan masker.

HOTEL, MAL, DAN WISATA JAMBI

Sementara berita-berita terkait hotel, mal dan tempat-tempat wisata di Jambi, diwarnai penurunan pengunjung.

Baik mal di Kota Jambi, wisata di Jambi, tempat nongkrong di Jambi, diberitakan mengalami penurunan pengunjung. Terutama di awal tahun 2021.

Namun pada pertengahan hingga akhir tahun, hotel, mal dan tempat wisata di Jambi mulai “menggeliat” dan menunjukkan gambaran positif.

Ini setelah kebijakan pemerintah membolehkan mal, hotel dan tempat wisata kembali beraktivitas asal menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid 19 yang ketat.

Kini di akhir tahun 2021, sudah jadi pemandangan biasa jika di mal mal, hotel dan tempat wisata, pada pintu masuknya petugas meminta agar pengunjung memindai suhu tubuh, memastikan pakai masker dan menunjukkan sertifikat vaksin atau minimal kartu vaksin.

OTOMOTIF (Motor Mobil) JAMBI

Seperti hotel, mal dan wisata Jambi, dunia otomotif juga mengalami geliat membaik setelah pemerintah memberi keringanan pajak bagi barang mewah.

Jual beli mobil motor diberitakan mengalami grafik meningkat setelah setahun sebelumnya, 2020, mengalami titik terendah setelah dampak pandemi Covid 19 yang melonjak.

Gairah pasar untuk bisnis otomotif kembali membara. Apalagi sektor pendukung kehidupan masyarakat Jambi, juga mengalami nilai positif terutama di hasil perkebunan sawit.

SAWIT (TBS), PINANG, KARET DAN MINYAK GAS JAMBI

Khusus minyak sawit atau palm oil serta sektor perkebunan sawit di Provinsi Jambi, sejak awal jelang pertengahan tahun 2021 mengalami kenaikan.

Harga jual TBS di tingkat petani bahkan mencapai Rp 2.000 lebih per kilogram. Sektor sawit ini membuat ekonomi di Jambi merangkak naik.

Petani sawit di Provinsi Jambi bahagia karena harga TBS terus naik dan jarang mengalami penurunan hingga akhir tahun 2021 ini. Kalaupun turun, tak terlalu signifikan.

Sedang sektor perkebunan pinang, diketahui bahwa harganya mulai turun drastis jelang tutup tahun 2021. Sebelumnya, pinang masih menjadi komoditi andalan dengan harga relatif stabil.

Untuk sektor karet, pemberitaannya jarang diulas karena komoditi ini mulai “ditinggalkan” masyarakat Jambi. Masyarakat Jambi sudah ramai-ramai berpindah dari karet ke sawit sejak beberapa tahun terakhir.

Lalu soal minyak bahan bakar kendaraan, setahun 2021 ini, sudah berkali-kali mengalami kenaikan secara berkala. Termasuk gas, bahkan akhir tahun ini naik.

PROSTITUSI ONLINE, ARTIS

Tahun 2021 ini, prostitusi online di kalangan oknum artis juga menjadi berita hangat. Mulai dari aktris, selebgram, tertangkap tangan saat sedang bertransaksi.

Sedang khusus prostitusi via aplikasi di kalangan non artis, juga menyeruak di tahun 2021 termasuk di Kota Jambi.

Sementara soal kematian artis, tahun ini terpopuler dibaca ialah kecelakaan yang dialami Bibi dan Vanessa Angel. Bahkan sejak keduanya meninggal, sampai akhir tahun 2021 ini beritanya masih hangat dibaca.

Terutama berita seputar ayah Vanessa, Dodi dan ayah Bibi, Faisal, polemik di antara keduanya atas hak asuh anak Vanessa, Gala, masih menarik perhatian publik.

Redaksi Jambi Seru Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022.

(*)

Pos terkait