Merangin Waspada ISPA dan DBD

  • Whatsapp
Ilustrasi nyamuk DBD. (Ist)
Ilustrasi nyamuk DBD. (Ist)

Merangin Waspada ISPA dan DBD

JAMBISERU.COM – Musim kemarau beberapa pekan terakhir diwilayah Provinsi Jambi, Masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga kesehatan baik itu mencegah penularan Virus Covid 19 , disamping itu penyakit ISPA atau Infeksi saluran Pernapasan akut Dan Demam Berdarah juga harus diwaspadai.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : BNNP Jambi Buat Tim Sus Untuk Tangkap 6 Tahanan yang Kabur

Apa lagi musim berubahan cuaca atau pancaroba saat ini, jika bepergian masyarakat dipinta untuk selalu menaati protokol kesehatan.

Hal ini seperti diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Merangin Abda’i, beberapa penyakit memang rentan menyerang saat musim penghujan dan kusim panas. Seperti infeksi saluran pernapasan (ISPA), demam berdarah dan lainnya. Untuk itu, ia meminta warga meningkatkan kewaspdaan.

‘’Warga kita imbau agar tetap waspada,’’ujarnya beberapa waktu lalu (7/09/2020).

Saat ini tambah Abda’i, cuaca rentan berubah. Walaupun trendnya musim penghujan. Namun cuaca seketika juga berubah menjadi panas. Keadaan ini makin rentan terserang penyakit seperti ISPA, diare dan demam berdarah.

Diketahui sejauh ini, penyakit yang paling diwanti-wanti yakni demam berdarah. Hanya saja, kasus penyakit ini belum ditemukan. Meski demikian, ia tetap meminta masyarakat menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih.

Agar terhindar dari serangan penyakit tersebut, lanjutnya, bisa dengan menjaga pola hidup sehat. Namun yang terpenting adalah melakukan tindakan 3M plus untuk mencegah demam berdarah. Yaitu menguras tempat penampungan air.

“Yang jelas selain kita waspada dengan Covid 19, kebersihan lingkungan masing – masing juga perlu diperhatikan,”Imbuhnya.

Langkah ini disebutnya bisa menghilangkan jentik-jentik nyamuk yang masih menempel. Kemudian mengubur barang-barang yang dapat menjadi sarang nyamuk. Selanjutnya, menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air.

Baca Juga : Viral, Seorang Perempuan di Jambi Kakinya Terjepit Penutup Selokan

‘’Itu yang paling penting 3M plus. Kita minta masyarakat menjaga itu. Sering makan sesuatu yang mengandung vitamin’’Pungkasnya. (Edo)

Pos terkait