Punya Ciri Khas dan Cita Rasa Tinggi, Kopi Arabika Kerinci Diminati Masyarakat Eropa

  • Whatsapp
Daniel, warga Negara Belgia. Foto: Yogi/Jambiseru.com
Daniel, warga Negara Belgia. Foto: Yogi/Jambiseru.com

Punya Ciri Khas dan Cita Rasa Tinggi, Kopi Arabika Kerinci Diminati Masyarakat Eropa

JAMBISERU.COM – Kopi Arabika asal Kerinci dengan ciri khas dan cita rasa mutu yang tinggi, ternyata diminati oleh masyarakat Eropa. Hal ini terbukti dari pembelian 15,9 ton biji kopi yang dikirimkan Negara Belgia, melalui Pelabuhan Talang Duku Jambi.

Bacaan Lainnya

Baca Juga : Tambahan 1 Pasien Sembuh Corona dari Batanghari

“Karena kopi Kerinci mempunyai ciri khas, rasanya dan mutunya tinggi,” ungkap, Pembeli Kopi Kerinci, Daniel, warga Negara Belgia. Selasa (28/7/2020) di Pelabuhan Talang Duku.

Kata Daniel, pihaknya (Sucafina group) telah 3 tahun bekerjasama degan koperasi Barokah di Kerinci, untuk memasarkan kopi Kerinci ke Benua Eropa.

“Jadi kita kerjasama sama koperasi di Kerinci, Barokah, sudah 3 tahun lebih kita memasaekan kopi mereka, cari pembeli,” tambahnya, yang lihai juga berbahasa Indonesia.

Daniel menambahkan, pihaknya terlebih dahulu mengirimkan sampel ke Negara Eropa, kemudian jika pembeli senang dengan rasa dan aroma kopinya, ia akan mengirimkannya ke Negara yamg memesannya.

“Jika pembeli senang kali dengan rasa kopinya, aromanya, kita akan kirim. Jadi kita sudah ada kerjasama jual beli sama mereka (petani kopi) dan mendukung mereka mengembangnya,” lanjutnya.

Daniel melanjutkan, petani kopi di Kerinci lah yang mengolahnya, dari pemetikan kopi sampai jadi biji kering, hingga mendapatkan ciri khas dan cita rasa dari biji kopi Kerinci. Setelah semuanya selesai, baru pihaknya mengirimkannya ke Negara yang memesan.

“Kali ini di Negara Belgia. Kita di sana, ada cabang yang importingnya. Biji mentahnya baru jual ke roster-rosternya Negara Eropa. Saat di terima kopi, mereka rosting, icip (mencicipi) dan buktinya di rasa kopi,” jelasnya.

Daniel berharap, kedepan ada banyak roster yang berminat kopi Kerinci, supaya petani bisa dapat harga yang baik.

“Terus menanam kopi, ada hasilnya dari kerjaan mereka, supaya bisa kedepannya ada manfaatnya,” tandasnya.

Daniel juga berencana malam ini akan berangkat ke daera jangkat Kabupaten Merangin, dengan tujuan ke koperasi Robusta.

Baca Juga : Emak-emak dan Pelajar Tewas Kecelakaan di Muaro Jambi

“Usai dari jangkat, kita langsung ke Kerinci lagi,” tutupnya. (Yog)

Pos terkait