Comeback, PSS Sleman Pecundangi PSM Makassar 3-2

Selebrasi striker PSS Sleman, Kushedya Hari Yudo, usai mencetak gol ke gawang PSM Makassar. (Suara.com/Irwan Febri Rialdi)
Selebrasi striker PSS Sleman, Kushedya Hari Yudo, usai mencetak gol ke gawang PSM Makassar. (Suara.com/Irwan Febri Rialdi)

JAMBISERU.COM – PSS Sleman berhasil melakukan comeback gemilang saat menjamu PSM Makassar pada lanjutan Liga 1 2019. Skuat Super Elang Jawa menang dramatis dengan skor 3-2 atas pasukan Juku Eja di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (23/8/2019) malam WIB.

Tiga gol PSS Sleman masing-masing dicetak oleh Brian Ferreira pada menit ke-51 dan 80′, serta dari pemain pengganti Kushedya Hari Yudo pada menit ke-85. Sementara dua gol PSM Makassar dicetak oleh Eero Markkanen menit ke-9 dan Zulham Zamrun menit ke-45.

Dengan kemenangan ini, PSS Sleman sukses mengakhiri tren negatif dalam dua pertandingan terakhir. Sebab, Bagus Nirwanto dan kolega hanya bermain imbang 1-1 saat bertandang ke markas Persela Lamongan, serta kalah 3-1 dari tuan rumah Tira Persikabo.

Bacaan Lainnya

Alhasil, pasukan Seto Nurdiantoro naik ke peringkat empat besar. Sementara bagi PSM Makassar, kekalahan ini membuat mereka turun ke peringkat sembilan klasemen sementara Liga 1 2019.

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit awal dibunyikan, pertandingan berjalan dengan tempo cepat. Jual beli serangan pun langsung ditunjukan oleh PSS Sleman dan PSM Makassar.

PSS Sleman yang bermain sebagai tuan rumah bermain lebih dominan. Alhasil pada menit ke-4, Brian Fereira hampir saja membuka keran gol gawang PSM Makassar andai tendangannya tak melebar ke sisi kanan gawang.

Namun kelengahan PSS Sleman membuat mereka dibobol terlebih dahulu. Tendangan melengkung terukur Eero Markkanen tak mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper PSS Sleman, Ega Rizky.

Skor pun berubah untuk keunggulan tim tamu, PSM Makassar. Hingga menit ke-25 jalannya pertandingan babak pertama, skor 0-1 tetap bertahan.

Tertinggal satu gol membuat tim tuan rumah bermain semakin menyerang dan agresif. Namun, PSM Makassar-lah yang akhirnya mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-44 melalui sontekan kaki kanan Zulham Zamrun.

Kedudukan sementara menjadi 0-2 untuk keunggulan PSM. Hingga jeda turun minum babak pertama, skor 0-2 bertahan hingga akhir laga.

Memasuki babak kedua, PSS Sleman langsung tampil menyerang. Guilherme Batata menjadi motor serangan untuk membobol gawang PSM Makassar yang dikawal oleh Rivky Mokodompit.

Tak sia-sia, PSS Sleman akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-51. Brian Ferreira menjadi aktor gol tersebut lewat sepak kerasnya dari luar kotak penalti.

Usai mencetak satu gol, PSS Sleman semakin bersemangat untuk menyamakan kedudukan. Skuat Super Elang Jawa makin mendominasi permainan hingga paruh babak kedua berjalan.

Terbukti, PSS Sleman berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-80 usai Brian Ferreira dilanggar di dalam kotak penalti oleh Mark Klokk. Brian Ferreira yang maju menjadi eksekutor penalti sukses menceploskan bola untuk kedua kalinya ke gawang skuat Juku Eja.

Kebobolan dua gol, PSM Makassar balik menyerang. Wiljan Pluim dan kolega kerap membombardir lini pertahanan PSS Sleman yang dikawal oleh Alfonso de la Cruz. Namun karena kesigapan lini pertahanan PSS Sleman, gol pun urung tercipta.

Menjelang pertandingan berakhir, PSS Sleman secara mengejutkan berhasil melakukan comeback gemilang dengan mencetak gol untuk ketiga kalinya. Kali ini yang mencetak gol adalah pemain pengganti, Kushedya Hari Yudo pada menit ke-85.

Hingga peluit akhir babak kedua dibunyikan, kedudukan 3-2 untuk kemenangan PSS Sleman tak berubah. Anak asuh Seto Nurdiantoro sukses mengantongi tiga poin, sehingga merangsek ke posisi empat besar klasemen sementara Liga 1 2019.

BACA JUGA : Dua Gadis di Jambi Digilir 15 Pemuda

Sementara kekalahan bagi PSM Makassar semakin mengubur impian untuk meraih kemenangan perdana di laga tandang. Lebih lagi, skuat Darije Kalezic saat ini terpuruk di peringkat sembilan klasemen. (ndy)

Pos terkait