Gedung DPRD Dikabarkan Dibakar, Demo di Manokwari Memanas 

aksi-demonstrasi-di-kota-manokwari-papua-barat
Aksi demonstrasi di Kota Manokwari, Papua Barat. (Foto: Twitter)

JAMBISERU.COM – Aksi demonstrasi di Manokwari, ibu kota Papua Barat yang dimulai sejak Senin (19/8/2019) pagi dikabarkan makin memanas. Sejumlah warga memblokade jalanan kota serta membakar ban bekas. Akibat aksi tersebut Kota Manokwari dilaporkan lumpuh.

Dari informasi yang diperoleh, warga pendatang mengaku takut keluar rumah dan memilih mengamankan diri. Sebab, aksi yang didominasi oleh warga asli ini terpantau makin memanas.

Iwan, salah seorang warga pendatang di Manokwari mengatakan, sejumlah warga mulai turun ke jalan sejak Senin pagi WIT. Hingga pukul 10.00 waktu setempat, aksi demonstrasi makin meluas, demonstran terpantau membakar sejumlah ban di tengah jalan.

Bacaan Lainnya

“Iya ramai banget, banyak warga turun ke jalan, bakar ban bekas di jalanan. Kota lumpuh,” katanya melalui sambungan telepon.

Menurut dia, dirinya sempat mendengar informasi sekelompok massa telah membakar gedung DPRD Papua Barat di Manokwari. Namun dirinya belum bisa memastikan atas insiden itu.

“Ini informasinya demikian (pembakaran gedung DPRD),” kata dia dilansir Suara.com–media partner Jambiseru.com.

Ia mengaku sejumlah aparat polisi dan TNI mencoba membuka blokade jalan yang dilakukan warga. Sampai berita ini ditulis, belum ada tanggapan resmi dari aparat berwenang. Namun, sejumlah video dan foto terkait aksi demonstrasi di Manokwari sudah tersebar, khususnya di Twitter.

Aksi demonstrasi di Manokwari itu disebut dipicu sebagai bentuk protes atas peristiwa intimidasi yang dialami sejumlah mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang baru-baru ini.

Sementara dari laporan Kantor Berita Antara pada Senin pagi, demonstrasi juga dilaporkan pecah di Jayapura. Bahkan seorang anggota Polda Papua dilaporkan ditembak saat memantau aksi demonstrasi.

Kantor Berita Antara, melaporkan AKP Saiin, anggota Polda Papua ditembak saat memantau rencana aksi demo warga di kawasan Perumnas III, Jayapura.

“Saat ini korban sudah dievakuasi ke RS Bhayangkara di Kotaraja,” tulis Antara dalam laporannya.

Belum ada keterangan lanjutan dari Antara atau tanggapan dari kepolisian atau aparat terkait peristiwa tersebut. (put)

Pos terkait