Eks Menag Minta Jokowi Beri Medali Kemanusiaan ke Surfer Filipina

peselancar-filipina-roger-casugay
Peselancar Filipina Roger Casugay menolong atlet Indonesia, Arip Hidayat, yang tergulung ombak besar pada pertandingan cabang olahraga selancar nomor longboard putra SEA Games 2019 di Pantai Monaliza, La Union, Subic, Filipina pada, Jumat (6/12/). [Facebook/Jefferson Ganuelas]

Eks Menag Minta Jokowi Beri Medali Kemanusiaan ke Surfer Filipina

JAMBISERU.COM – Eks Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa memberikan medali kemanusiaan kepada Roger Casugar, peselancar (surfer) asal Filipina. Pasalnya, Roger Casugay telah berjasa besar menolong surfer Indonesia.

BACA JUGA: Jubir Jokowi Dikritik, Tagar #GerakanBlokirFadjroel Trending Topik

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan oleh Lukman melalui akun Twitter miliknya @lukmansaifuddin. Ia meminta agar Jokowi mempertimbangkan usulannya itu.

Saya amat berharap pemerintah RI secara resmi memberikan ‘Medali Kemanusiaan’ kepada Roger Casugay,” kata Lukman seperti dikutip Suara.commedia partner Jambiseru.com, Selasa (10/12/2019).

Roger Casugay layak mendapatkan penghargaan tersebut sebab ia telah menunjukkan kepada seluruh dunia sportivitas dalam bertanding. Ia rela meninggalkan perlombaan lantaran melihat surfer Indonesia Arip Nurhidayat tergulung ombak.

Padahal, hadiah medali emas sudah di depan mata Roger. Namun, Roger lebih memilih menolong rekannya dibandingkan mengejar kemenangan.

Penghargaan atas hakikat sportivitas yang ditunjukkannya,” ungkap Lukman.

Eks Menag minta Jokowi berikan medali kemanusiaan ke surfer Filipina (Twitter/lukmansaifuddin)
Eks Menag minta Jokowi berikan medali kemanusiaan ke surfer Filipina (Twitter/lukmansaifuddin)

Untuk diketahui, Roger Casugay rela mengabaikan perlombaan demi menolong surfer Indonesia yang tergulung ombak dalam SEA Games 2019. Aksi Roger Casugay menuai banyak apresiasi dari banyak pihak.

Insiden tersebut turut diunggah oleh pihak SEA Games 2019 melalui akun Facebook resminya. Akibat dari peristiwa yang menimpa Arip, pertandingan nomor longboard hingga kini dikabarkan masih ditunda.

BACA JUGA: Trilogi Dilan Selesai, Vanesha Prescilla Sedih

Di tengah-tengah kompetisi peselancar putra, tali kekang Arip Nurhidayat dari Indonesia putus dan tersapu oleh ombak. Roger Casugay dari Filipina datang untuk menyelamatkan, mengesampingkan pertempuran yang sedang berlangsung untuk medali emas,” tulis pihak SEA Games 2019 dalam laman resmi Facebook. (put)

Pos terkait