Dosen Unja Gelar Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Sejarah Kepada Guru SMP dan SMA

Abdurrahman S.Pd, MA, selaku dosen Ilmu sejarah Unja memberi materi pelatihan menulis karya ilmiah kepada guru SMP dan SMA di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Foto: Jambiseru.com
Abdurrahman S.Pd, MA, selaku dosen Ilmu sejarah Unja memberi materi pelatihan menulis karya ilmiah kepada guru SMP dan SMA di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.Foto: Jambiseru.com

JAMBISERU.COM, Jambi – Guna meningkatkan kompetensi profesionalisme terhadap guru di bidang Sejarah. Dosen Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jambi, menggelar pelatihan menulis karya ilmiah atau jurnal kepada guru SMP dan SMA di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

Pelatihan ini dikemas dalam suatu kegiatan pengabdian masyarakat, program Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Jambi tahun 2019.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh lima dosen. Adapun ketua pengabdian tersebut, Prof. H. Yundi Fitrah, Drs., M.Hum., Ph.D Kemudian, untuk para anggotanya yaitu, Siti Syuhada, S.Pd., M.E, Abdurrahman S.Pd, MA, Denny Defrianti S.Sos., M.Pd dan Fatonah, S.S., M.I.Kom.

Bacaan Lainnya

Tim pengabdi, Abdurrahman mengatakan, kemampuan menulis karya ilmiah sangatlah perlu dimiliki oleh para guru-guru. Kata dia, apalagi guru tersebut sebagai penggiat di bidang studi sejarah.

“Maka dari itu, para guru harus memiliki keterampilan membaca dan menulis karya ilmiah dengan baik,” sebut Abdurrahman.

Dikatakan Abdurrahman, salah satu bentuk kegiatan yang wajib dilakukan guru dalam mengembangkan kompetensinya sebagai guru, ia meminta para guru harus memahami tentang publikasi ilmiah.

Sambung Abdurrahman, publikasi ilmiah juga dianggap penting. Sebab, dalam menunjang aktivitas guru harus melakukan publikasi ilmiah. Tak hanya itu, guru juga dituntut agar memiliki wawasan untuk meneliti dan menulis berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah. Kemudian, seorang guru juga harus saling berbagi pemikiran dan berbagai pengembangan dalam menjalankan profesinya sebagai guru.

“Itu semua tercantum pada Pasal 11 Peraturan Menteri PAN-RB No 16 tahun 2009, yang menjelaskan tentang jabatan fungsional guru,” jelasnya.

Sementara, Ketua pengabdian, Yundi Fitrah juga menyampaikan bahwa, dengan memberi pelatihan penulisan karya ilmiah bidang sejarah ini kepada guru sejarah, supaya lebih meningkatkan kompetensi profesionalisme para guru.

“Pelatihan tahun 2019 ini hanya kita gelar untuk para guru sejarah SMP dan SMA di Kota Sungai Penuh,” tandasnya. (uda)

Pos terkait