Al Haris Ways (Always) : Mau Sukses? Disiplinlah Berolahraga

Always - Al Haris Ways 2
Always - Al Haris Ways 2

Ada banyak jalan untuk sukses. Salah satunya ialah berolahraga. Supaya stamina sehat dan jiwa serta pikiran kita juga ikut sehat.

Ada istilah latin yang berbunyi, “Mens sana in corpore sano”, yang artinya adalah “Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat.” Artinya, jika tubuh seseorang sehat, maka jiwanya akan sehat juga.

Kesehatan itu penting. Makanya, kalau mau sukses, disiplinlah berolahraga, karena ini modal dasar untuk kita berusaha maksimal dalam bidang apapun itu.

Sekedar bercerita, saya, baik sebagai pribadi maupun sebagai Gubernur Jambi, terus mengusahakan agar diri ini dapat berolahraga setiap hari walaupun di tengah jadwal yang padat.

Bacaan Lainnya

Mulai dari yang ringan, seperti peregangan tubuh sampai olahraga yang berat seperti main sepak bola.

Misalnya ketika saya main bersama anak anak milenial tempo hari di lapangan mini soccer itu, saya bersyukur karena ada banyak anak muda yang masih cinta berolahraga.

Sebab, seperti sudah kita ketahui bersama, gawai atau gadget sebagian besar sudah menghabiskan wakatu anak anak muda atau bahkan kita kita yang tua ini.

Pesona gadget yang sangat kuat itu, malah berkesan kurang baik bagi pemakainya.

Coba lihat saat ini, ada banyak anak muda yang tubuhnya tak lagi proporsional (bungkuk), karena kebanyakan menunduk saat memperhatikan handphone (HP) atau gadget lainnya.

Sebenarnya itu tak masalah. Asal, disela dengan olahraga ringan. Sesudah main HP, saran saya, kaki dan tubuh kita diajak olahraga. Seperti berjalan kaki mengitari rumah atau sekadar push up atau sit up. Mudah kok melakukannya.

Jadi, di antara gawai dan olahraga, harus kita utamakan olahraga. Karena ini penting dan salah satu kunci kesuksesan.

Kalau ditanya ke saya, suka olahraga apa saja? Saya jawab, apa saja. Bola kaki oke, tenis oke, tenis meja ok pokoknya olahraga apa saja oke.

Intinya, kalau bisa, setiap hari kita rutin berolahraga. Karena itu tadi, di dalam tubuh yang sehat, ada jiwa yang sehat juga.

Bagi yang sudah membaca tulisan saya ini, ayo letakkan gadget Anda. Berdirilah. Lalu mulailah berjalan kaki di dalam ruangan. Bolak balik hingga hitungan 10 kali, itu sudah cukup.

Baca juga :

Al Haris Ways (Always) : Curhat Transportasi Batubara yang Bikin Serba Salah

Baca Always Lainnya

Baca Kolumnis lainnya

Tapi jangan lupa, habis itu perbanyak minum air putih, biar tubuh kita cukup mineral dan oksigen. Karena di dalam air putih, tersimpan oksigen yang sangat dibutuhkan tubuh.

Jadi, mau sukses? Ayo, disiplin berolahraga. Biar sehat dan makin mantap usahanya! Salam olahraga!(****)

Al Haris ialah Gubernur Jambi. Tulisan ini disarikan dari Al Haris oleh Ali Monas, jurnalis media Jambiseru.com dan juga penulis Jambi.

Pos terkait