Pemkab Muaro Jambi Siapkan Rp 4 M untuk Atasi Corona

Wabah virus corona (coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)
Wabah virus corona (coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)

Pemkab Muaro Jambi Siapkan Rp 4 M untuk Atasi Corona

Jambi – Tim gugus tugas penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Muaro Jambi mendapat kucuran dana sebesar Rp 4 miliar lebih, untuk menanggulangi penyebaran Covid- 19 di Muaro Jambi. Anggaran tersebut berasal dari pergeseran anggaran kegiatan di APBD murni.

Baca JugaDiisolasi, Tapi 15 TKI di Kuala Tungkal tak Sandang Status ODP Corona

Bacaan Lainnya

“Atas instruksi Bupati, Kita telah melakukan pergeseran anggaran untuk menanggulangi penyebaran virus corona senilai Rp 4 miliar lebih. Minggu depan sudah bisa kita eksekusi,” kata Ketua gugus, Sekda Muaro Jambi, M Fadhil Arief.

Dikatakan Sekda, anggaran yang telah disiapkan tersebut diantaranya digunakan untuk menyiapkan cairan disinfektan untuk disemprotkan ke daerah yang sudah ditentukan.

“Kawasan-kawasan umum yang mau tak mau didatangi warga seperti pasar-pasar termasuk pasar kalangan, mini market dan swalayan. Juga dianggarkan untuk tim medis yang berada di garda terdepan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fadhil juga merilis jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Muaro Jambi. Di mana saat konferensi pers pada Jumat (27/3/2020) ada 86 ODP di Muaro Jambi dan 2 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Ke- 86 ODP tersebut, ialah mereka yang kebetulan kembali dari daerah lain yang terpapar Covid-19, atau mereka yang melakukan kontak langsung dengan pasien suspect Covid-19.

“Kita imbau masyarakat tak perlu panik. Kalau panik imun dalam tubuh kita akan menurun dan mudah terserang penyakit. Tetap waspada dan jaga kesehatan,” jelas Sekda.

Adapun untuk tindakan yang sudah dilakukan tim gugus tugas Covid-19 bekerjasama dengan TNI-Polri dan PMI Muaro Jambi. Kata Sekda, yang sudah dilakukan tim yakni penyemprotan disinfektan ke kantor-kantor pelayanan publik di Muaro Jambi, perusahaan-perusahaan dan rumah ibadah.

Baca JugaPintu Masuk Jambi Diperketat, Pemudik Harus Turun di Terminal Alam Barajo

“Dengan adanya penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum dan pelayanan publik masalah Covid-19 ini bisa teratasi, terurai dan berhenti di Muaro Jambi,” tutupnya. (uda)

Pos terkait