Obyek Wisata Candi Muaro Jambi Ditutup

  • Whatsapp
Candi muaro jambi
Komplek Percandian Muara Jambi. Foto : Doni/Jambiseru.com

Obyek Wisata Candi Muaro Jambi Ditutup

Jambi Seru, Jambi – Guna mengantisipasi penyebaran virus corona, obyek wisata di Jambi, Candi Muaro Jambi, resmi ditutup selama dua minggu ke depan. Penutupan kawasan cagar budaya ini dilakukan langsung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca JugaLIDA Top 24, Hari Jambi Tampil Kamis Malam 19 Maret 2020

Bacaan Lainnya

Kepala BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Jambi, Iskandar Mulia Siregar, melalui Staf Administrasi BPCB, Bram, mengatakan, surat Sekretaris Jenderal nomor 35492/A.A5/HK/2020 tanggal 12 Maret 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menjadi dasar penutupan Candi Muaro Jambi.

“Ditutup sementata waktu, terhitung Mulai Senin 16 Maret 2020 hingga 29 Maret 2020. Karena semakin meningkatnya perkembangan dan penyebaran Virus COVID-19 atau yang lebih dikenal Virus Corona,” ujarnya, Selasa (17/3/2020).

Kata Bram, selama penutupan akan dilakukan upaya pencegahan Virus Corona (COVID-19) dengan penyemprotan disinfektan pada area halaman, struktur dan fasilitas yang ada di Kawasan Cagar Budaya Muarajambi.

“Iya, selama proses penutupan akan dilakukan penyemprotan disinfektan pada halaman, struktur dan fasilitas,” tambahnya.

Bram juga menambahkan, dengan adanya penutupan sementara ini, diharapkan kapada masyarakat Kota Jambi, Muaro Jambi dan Provinsi Jambi secara umum. Untuk menunda agenda dan kegiatan yang direncanakan pelaksanaannya di Kawasan Cagar Budaya Muarajambi.

Baca JugaLIDA 2020, Hari Jambi Masuk Grup Empat di Babak 24 Besar

“Demikian juga bagi lembaga atau penyedia perjalanan paket wisata, agar menunda jadwal kunjungan pada saat penutupan dilaksanakan,” tutupnya.

Untuk diketahui, selama ini Candi Muaro Jambi menjadi salah satu destinasi utama obyek wisata di Provinsi Jambi. Setiap hari ratusan pengunjung mendatangi kawasan cagar budaya itu.

Pengunjung yang datang bukan hanya dari wisatawan lokal, tapi juga dari wisatawan manca negara. Situs percandian Muaro Jambi ini dijadikan salah satu rujukan cagar budaya, karena sudah terdaftar sebagai warisan budaya dunia.

Kini, situs ini terpaksa ditutup untuk mencegah penyebaran virus corona. (yog)

Pos terkait