Di Batanghari, Pergantian UASBN Mulai Diberlakukan

  • Whatsapp
Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PdK) Batanghari, Irsyil Syarif. Foto: Rizki/Jambiseru.com
Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PdK) Batanghari, Irsyil Syarif. Foto: Rizki/Jambiseru.com

Di Batanghari, Pergantian UASBN Mulai Diberlakukan

Jambi Seru, Muarabulian – Tahun 2020 ini Ujian Akhir Sekolah Berbasis Nasional (UASBN) akan digantikan dengan Ujian Akhir Sekolah (US), hal tersebut dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 43 Tahun 2019.

Bacaan Lainnya

“Iya, dengan adanya peraturan tersebut US sepenuhnya dikembalikan ke sekolah dan tidak terbelenggu oleh aturan pusat. US manjadi domain sekolah, dengan kewenangan penuh dalam penulisan soal sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku,” ungkap Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PdK) Batanghari, Irsyil Syarif, Minggu (15/3/2020).

Baca Juga : Periksa Kesehatan Lansia dan Sosialisasi Corona, Plt Sekda: Puskesmas Bangko Luar Biasa

Dikatakan Irsyil, dengan adanya kebijakan merdeka belajar yang telah dicanangkan sepenuhny oleh Menteri Pendidikan pada 11 Desember 2019 dan Permendikbud Tahun 2019 lalu, bentuk pelaksanaan US ditentukan oleh sekolah, dalam bentuk pelaksanaan US diantaranya dengan menggunakan portofolio,penugasan dan tes tertulis.

“Untuk dana khusus pelaksanaan US tidak ada dianggarkan dari pusat, tapi dana pelaksanaan diambil dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) masing-masing sekolah,” sebutnya.

“Nantinya sekolah juga membentuk tim pelaksana ujian, yang terdiri dari tim pembuat kisi-kisi soal, tim penyusun soal dan tim praktek soal,” tambahnya.

Disebutkan Irsyil, namun pada saat pelaksanaan nanti, satuan pendidikan belum siap membuat bahan ujian. Sekolah dapat menggunakan bahan penilaian seperti tes tertulis, tugas dan bentuk ujian lainnya.

“Nanti pada pelaksanaan US harus sesuai Ederan Permendikbud nomor 1 Tahun 2020 poin C, yang diperoleh dari berbagai sumber, seperti soal yng dibuat Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP),” terangnya.

Baca Juga : Corona, Pemerintah Provinsi Jambi Liburkan Sekolah

Dilanjutkan Irsyil, untuk Tahun 2020 berdasarkan data Disdikbud Batanghari total siswa yang akan mengikuti US tingkat Sekolah Dasar (SD) Negeri sebanyak 5.230 dan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri sebanyak kurang lebih 3.380 orang.

“Dan kita berharap dalam menghadapi US sinegritas sekolah dapat bersama-sama melakukan kerja sama dalam segala sesuatu. Agar merdeka belajar dapat tercapai bersama-sama,” katanya. (riz)

Pos terkait