Bupati Merangin Panen Ikan Perdana di Desa Sungai Kapas

Bupati Merangin Panen Ikan
Bupati Merangin, Al Haris saat ikut memanen ikan di Desa Sungai Kapas. Foto: Jambiseru.com

Jambiseru.com – Bupati Merangin, Al Haris panen ikan perdana di Desa Sungai Kapas, Kecamatan Bangko, Kamis (11/2/2021). Ikan yang dipanen tersebut, merupakan milik Kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) Sinar Harapan 1 (SH1) Desa Sungai Kapas.

Dikatakan Al Haris, Pokdakan tersebut merupakan salah satu program Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tujuan program ini, agar masyarakat mempunyai usaha berkelompok untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Bacaan Lainnya

“Ikan yang kita panen ini jenis Nila. Jadi bila masyarakat mempunyai lahan kosong yang airnya cukup, kita rangsang untuk memelihara ikan. Tujuan untuk meningkatkan ekonomi keluarganya,” ujar Bupati yang kemudian dibenarkan Kapolsek dan Danramil setempat.

Diakuinya, di Merangin sangat banyak lahan kosong yang airnya cukup. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan lahan tidur tersebut untuk budidaya ikan. Mengingat selama ini kebutuhan ikan di Merangin masih didatangkan dari luar.

“Nanti kedepannya bantuan budidaya ikan ini tidak hanya diberikan kepada kelompok, tapi juga individu. Kalau untuk kelompok sudah punya kemampuan secara finansial, tapi kalau individu masih banyak yang belum,” terang Bupati.

Selain itu bupati berharap, para anggota Pokdakan tidak hanya menjual hasil budidaya ikannya ke pasar, tapi juga harus meningkatkan nilai tambah dari panen ikan yang dilakukan secara berkala tersebut.

“Anggota Pokdakan bisa mengelola hasil panen ikannya menjadi Pempek, Kerupuk Ikan atau jenis makanan lainnya berbahan baku ikan, sehingga bisa meningkatkan nilai tambah dari ikan yang dipanen itu,” harap Bupati.

Sejauh ini sudah ada sekitar 150 Pokdakan di kawasan tersebut. Jumlah itu dari tahun ke tahunnya terus meningkat. Terlebih bupati akan mengupayakan bantuan budidya ikan itu tidak lagi perkelompok, tapi perindividu.

Dipastikan bupati, jika bantuan bididaya ikan perindividu masyarakat itu sudah berlangsung, kebutuhan ikan Kabupaten Merangin sudah bisa terpenuhi dan tidak lagi didatangkan dari daerah lain. (kominfo)

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : 400 Formasi Guru PPPK Diusulkan Pemkab Merangin Ke BKN RI

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Sudirman Jabat Plh Gubernur Jambi

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Kebakaran Hebat Hanguskan Rumah di Tebing Tinggi, Tanjab Barat

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Puluhan Kilo Narkoba Dimusnahkan Polda Jambi

Ads

Pos terkait

---

Video Restoran Masakan Jepang Sushimaru - Kuliner Jambi Seru

Video Jalanan Kersik Tuo Kerinci - Journey Travel Jambi Seru

Ads

Konser BTS - Jambi Seru

Kecelakaan Hari Ini - Jambi Seru

Harga Emas Jambi - Bisnis Jambi Seru

Gubernur Jambi Al Haris Kunjungan - Berita Jambi Seru

Gubernur Cup - Bola Jambi Seru

Ulasan Film Layangan Putus - Jambi Seru

ads