Gojek-Tokopedia Bakal Bergabung?

  • Whatsapp
Gojek-Tokopedia
Kantor Gojek. Foto : Istimewa

Jambiseru.com – Gojek-Tokopedia diisukan tengah dalam pembicaraan soal kemungkinan melakukan merger alias bergabung. Andai terwujud, kesepakatan itu bakal menggabungkan dua startup paling bernilai di Indonesia.

Dikutip dari laporan Bloomberg, Selasa (5/1/2021) dua raksasa startup ini kabarnya sudah menandatangani lembar persyaratan terperinci untuk melakukan uji tuntas bisnis masing-masing.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaSangat Mematikan dan Menular, Virus Disease X Muncul di Afrika

“Kedua belah pihak melihat potensi sinergi dan ingin menutup kesepakatan secepat mungkin dalam beberapa bulan mendatang,” kata sumber yang tidak mau namanya disebut.

Bergabungnya dua entitas ini diprediksi bakal menciptakan valuasi gabungan keduanya menjadi USD 18 miliar atau sekitar Rp 25 triliun. Bisnis keduanya bakal sangat luas, berkisar dari pemesanan kendaraan, pembayaran, hingga belanja, dan pengiriman online.

Baca Juga : Gojek dan Tokopedia Kena Gugat Rp 2,8 Triliun

Informasi lain menyebutkan, Gojek dan Tokopedia sudah mempertimbangkan potensi merger dari tahun 2018 lalu, namun diskusi di antara keduanya lalu dipercepat usai pembicaraan kesepakatan antara Gojek dan rivalnya Grab Holdings Inc. mandeg.

Informasinya, CEO Grab Anthony Tan terus menolak tekanan Masayoshi Son dari SoftBank Group Corp. untuk menyerahkan sebagian kendali dalam entitas gabungan dengan Gojek.

Diskusi di antara Grab dan Gojek tersendat usai bertahun-tahun bergulat dengan persaingan sengit dalam layanan transportasi online, pengiriman makanan, dan teknologi keuangan. Desember lalu, mereka disebut sudah membuat kemajuan substansial dalam kesepakatan, akan tetapi berselisih soal bagaimana mengelola Indonesia, pasar utama mereka di kawasan Asia Tenggara.

Berita Jambiseru[dot]com LainnyaResmi! Pemerintah Tetapkan FPI Sebagai Organisasi Terlarang

Masayoshi Son, yang menjadi pendukung setia Anthony Tan, kehilangan kesabaran dengan keengganan co-founder Grab itu untuk menyerahkan kendali, dan kini mendukung merger antara Gojek dan Tokopedia yang didukung SoftBank. Baik Gojek dan Tokopedia sudah punya investor yang sama, termasuk Google, Temasek Holdings Pte, dan Sequoia Capital India. (esa)

Sumber : Detik.com

Pos terkait