Beredar Isu Menteri Nasdem Akan Dikeluarkan dari Kabinet

Surya paloh
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh saat menghadiri acara bersama Anies Baswedan. (suara.com)

Jambi Seru – Belakangan ini beredar isu menteri dari Partai Nasdem akan dikeluarkan dari kabinet. Isu ini beredar pasca Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Menanggapi isu tersebut, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, menyatakan dirinya tetap optimis tak akan mengeluarkan menteri dari Nasdem. Dikatakannya, kalau Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak akan melakukan reshuffle menteri hanya untuk mengeluarkan Nasdem.

Surya Paloh juga menyebutkan, Presiden Jokowi merupakan sosok yang memahami arti keberadaan Nasdem. Karenanya, kepala negara tidak mereshufle kabinet hanya untuk mendepak parpol yang identik dengan restorasi Indonesia itu.

Bacaan Lainnya

“Presiden Jokowi yang saya kenal, tentu memahami juga, apa arti keberadaan NasDem bersama beliau (Jokowi),” kata Paloh, seperti dikutip laman Suara.com (media partner jambiseru.com), dari artikel yang berjudul Bahas Isu Menteri Nasdem Bakal ‘Ditendang’ dari Kabinet, Surya Paloh: Presiden Jokowi Tahuh Arti Keberadaan Nasdem!, Kamis (27/10/2022).

Meski begitu, Paloh tetap menghargai hak yang dimiliki Jokowi sebagai Presiden RI untuk me-reshuffe kabinet dan tidak mau mengintervensi hal tersebut.

“Kalau misalnya masih dianggap, tetap diperlukan, saya menghargai, tetapi kalau misalnya dianggap, ah, NasDem ini enggak ada gunanya lagi, nih, saya suruh pinggir saja, artinya kami akan menghormati itu,” lanjut alumnus Universitas Islam Sumatra Utara itu.

Saat ditanya wartawan soal kemungkinan NasDem tarik dukungan ke pemerintah apabila partai yang berdiri pada 2011 itu didepak dari kabinet Jokowi, Paloh mengaku tidak ingin berspekulasi soal kemungkinan itu. Toh, selama ini tidak ada pembicaraan tentang rencana reshuffle kabinet oleh Jokowi.

“Kenapa harus narik dukungan. Belum pasti itu (reshuffle) bisa iya, bisa tidak,” kata Paloh. (tra)

Pos terkait