Daftar Harga Rokok Terbaru per 1 Januari 2023, Semakin Naik

Harga Rokok
Harga Rokok kembali naik per 1 Januari 2023. (ist)

Jambi Seru – Harga rokok terbaru per 1 Januari 2023, bakal semakin naik. Kenaikan ini terjadi, setelah keluarnya aturan baru tentang kenaikan harga Cukai Hasil Tembakau (CHT). Kenaikan ini berlaku untuk dua tahun ke depan dan mulai diberlakukan terhitung mulai 1 Januari nanti.

Aturan mengenai kenaikan harga rokok terbaru yang berlaku per 1 Januari 2023 ini dikeluarkan oleh kementrian keuangan.

Dalam aturan yang diteken di Jakarta pada 14 Desember 2022 itu dan diundangkan pada 15 Desember 2022 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, tertuang mengenai adanya kenaikan cukai rokok.

Bacaan Lainnya

Mengutip dari laman pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Harga Rokok Eceran Naik per 1 Januari 2023, Berikut Daftar Lengkapnya, aturan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 191 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas PMK Nomor 192 Tahun 2021 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot dan Tembakau Iris.

“Tarif cukai yang ditetapkan kembali sesuai dengan tarif cukai yang berlaku sebagaimana tercantum dalam Lampiran I dan Lampiran II Peraturan Menteri ini,” demikian bunyi Pasal II peraturan tersebut.

Adapun kenaikan tarif cukai rokok rata-rata sebesar 10 persen pada tahun 2023-2024. Hal ini antara lain sebagai upaya untuk mendukung target penurunan prevalensi merokok pada kelompok anak menjadi 8,7 persen pada 2024.

“Harga Jual Eceran yang ditetapkan kembali tidak boleh lebih rendah dari Batasan Harga Jual Eceran per Batang atau Gram yang masih berlaku dan tidak boleh lebih rendah dari Batasan Harga Jual Eceran minimum,” bunyi peraturan itu.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut, dengan naiknya cukai hasil tembakau maka akan secara otomatis menaikkan harga rokok, sehingga mengendalikan konsumsi rokok masyarakat.

“Dengan adanya cukai sebagai instrumen fiskal untuk mengendalikan konsumsi, maka penerapan cukai diharapkan meningkatkan harga yang kemudian mengurangi prevalensi merokok,” ujar Sri Mulyani.

Berikut daftar harga rokok eceran per batang yang mulai berlaku pada 1 Januari 2023 yang kembali naik, simak selengkapnya:

Pos terkait