Menantu Waketum PSSI Ikut Main Timnas

Muhammad Rafli, pemain timnas menantu Waketum PSSI.
Muhammad Rafli, pemain timnas menantu Waketum PSSI.

Jambi Seru – Menantu Waketum (Wakil Ketua Umum) PSSI, Muhammad Rafli, disebut-sebut ikut main Timnas Indonesia. Apakah ia titipan khusus?

Untuk diketahui, Muhammad Rafli ialah penyerang di kesebelasan Arema FC. Debut karirnya cukup menjanjikan. Namanya langsung mencuat ketika dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Pemanggilan Muhammad Rafli langsung dilakukan oleh  Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia yang sedang cemerlang karirnya.

Bacaan Lainnya

Dilansir laman footbal.jambiseru.com judul artikel “Muhammad Rafli, Menantu Waketum PSSI yang Disebut Pemain ‘Titipan’ di Timnas“, Muhammad Rafli merupakan menantu dari Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto. Tapi, Shin Tae-yong mengatakan bahwa pemanggilan Rafli tidak ada sangkutannya dengan hubungan kekeluargaan.

Muhammad Rafli lahir di Malang, Jawa Timur, pada 24 November 1998. Kariernya sebagai pemain sepak bola bermula dari keinginan sang ayah. Ia sudah dimasukkan ke sekolah olahraga ini sejak usianya 8 tahun.

Muhammad Rafli menikahi Laras Carissa Devinta, putri Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Iwan Budianto. Pernikahan keduanya digelar di Bali pada Jumat (21/1/2022).

Sejumlah tahapan latihan dan serangkaian tes dilalui, Muhammad Rafli menjadi salah satu dari 7 pemain muda yang diizinkan ikut berlatih bersama tim utama Arema FC.

Baca juga : FIFA Matchday Sempat Tertinggal, Timnas Indonesia Taklukkan Curacao 3-2

Tepat di tahun 2017, dirinya dipastikan bergabung secara profesional dengan Arema FC. Pada pertandingan di Liga 1 2021/2022, menjadi momen paling cemerlang bagi Muhammad Rafli selama membela klub ini.

Pasalnya, ia berhasil mencetak 4 gol dan 2 assist dari 18 pertandingan yang sudah diikuti. Sementara itu, karier Muhammad Rafli di tim nasional diawali dengan debut bersama Timnas Indonesia U-19 pada September 2016 lalu. Tepatnya saat melawan Thailand.

Ia kemudian debut di Timnas U-23 pada Juni 2019 yang saat itu juga melawan Thailand. Rafli menjadi bagian Timnas Indonesia U-23 yang memperoleh medali perak di ajang SEA Games 2019.

Selanjutnya, Muhammad Rafli memulai debutnya di Timnas Indonesia senior pada 25 Mei 2021 lalu dalam laga uji coba melawan Afghanistan di Dubai.

Ia merupakan salah satu pemain baru yang dipanggil Shin Tae-yong. Ia menggantikan posisi yang sebelumnya diisi Kushedya Hari Yudo pada gelaran Piala AFF 2020.

Menanggapi opini publik yang meragukannya, Muhammad Rafli sebelum tanding mengatakan bahwa ajang uji coba melawan Curacao akan menjadi pembuktian jika dirinya layak untuk bergabung dengan Timnas.

Terbukti, tim nasional Indonesia berhasil menekuk Curacao pada ajang FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dengan skor 3-2.

Berkat kemenangan atas Curacao posisi Indonesia di ranking FIFA naik dua tingkat yakni, di peringkat 153 dunia. Adapun poin yang diperoleh sebesar 7,41 dan saat ini Indonesia mengoleksi 1026,60 poin.

Shin Tae-yong pun mengungkapkan alasannya memanggil Muhammad Rafli. Menurutnya, striker Arema FC ini memiliki potensi.(esa/nas)

Pos terkait