NATO Mulai Kirim Pasukan Terbaiknya untuk Antisipasi Serangan Rusia

NATO Mulai Kirim Pasukan Terbaiknya untuk Antisipasi Serangan Rusia
NATO Mulai Kirim Pasukan Terbaiknya untuk Antisipasi Serangan Rusia. (Ist)

Jambi Seru – Akhitnya NATO mulai melakukan tindakan menyikapi perang antara Ukraina dan Rusia. NATO mulai mengirimkan pasukan terbaiknya untuk antisipasi serangan Rusia. Militer yang dikirimkan NATO dikerahkan ke beberapa negara, yaitu Slovakia, Hongaria, Bulgaria, dan Rumania.

Dikatakan Sekjen NATO, Jens Stoltenberg, para pemimpin NATO juga sepakat akan terus memberikan dukungan lebih lanjut ke Ukraina.

“Dan kami akan memperkuat pencegahan dan pertahanan Sekutu,” ujar Jens Stoltenberg seperti diberitakan Timesindonesia.co.id, Jumat (25/3/2022).

Bacaan Lainnya

NATO menambah empat kelompok tempurnya di empat negara tersebut, sehingga kini total ada delapan grup tempur NATO Multinasional dari Laut Baltik hingga Laut Hitam.

Ia melanjutkan, di seluruh Eropa ada sejumlah 100.000 tentara Amerika Serikat yang mendukung upaya NATO.

“Kami memiliki 40.000 pasukan di bawah komando langsung NATO, sebagian besar di bagian timur Aliansi,” kata Jens Stoltenberg.

Kelompok-kelompok ini didukung oleh kekuatan udara dan angkatan laut utama.

“Termasuk lima kelompok pemogokan kapal induk yang belum pernah terjadi sebelumnya dari High North ke Mediterania,” ujar dia.

Ia menambahkan, para pemimpin NATO juga setuju mengatur ulang pencegahan dan pertahanannya untuk jangka panjang dalam menghadapi realitas keamanan baru.

Di darat, lanjut Jens Stoltenberg, NATO memiliki lebih banyak pasukan di bagian timur Aliansi, dengan kesiapan yang lebih tinggi ditambah banyak lagi peralatan dan perlengkapan yang telah ditentukan sebelumnya,” sambungnya.

Di udara, NATO akan mengerahkan lebih banyak jet serta memperkuat pertahanan udara dan rudal yang terintegrasi.

“Di laut, kami akan memiliki kelompok penyerang kapal induk, kapal selam dan sejumlah besar kapal tempur secara terus-menerus,” ujar Jens Stoltenberg” ujar dia.

NATO juga akan memperkuat pertahanan sibernya serta meningkatkan latihan, dengan fokus pada pertahanan kolektif dan interoperabilitas.

“Kami berharap kami akan memutuskan detailnya pada KTT kami berikutnya di Madrid pada bulan Juni,” ujarnya

Dalam kesempatan itu, Jens Stoltenberg juga menegaskan bahwa para pemimpin Sekutu setuju untuk memberikan dukungan lebih lanjut terhadap Ukraina.

“Membantu menegakkan hak dasar mereka untuk membela diri,” ujarnya.

Sekutu juga melengkapi Ukraina dengan pasokan militer yang signifikan. Termasuk sistem anti-tank dan pertahanan udara, serta drone, yang terbukti sangat efektif, disamping bantuan keuangan dan kemanusiaan yang substansial.

“Hari ini, kami sepakat untuk berbuat lebih banyak, termasuk bantuan keamanan siber dan peralatan untuk membantu Ukraina melindungi dari ancaman biologi, kimia, radiologi, dan nuklir,” kata Jens Stoltenberg.

Bantuan itu mencakup deteksi, perlindungan, dan suplai medis, serta pelatihan untuk dekontaminasi dan manajemen krisis.

Pihaknya bertekad untuk melakukan semua yang bisa mereka lakukan untuk mendukung Ukraina. “Dan saya menyambut baik tawaran nyata bantuan yang dibuat oleh Sekutu hari ini,” katanya.

Pada saat yang sama, lanjut Jens Stoltenberg, pihaknya memiliki tanggung jawab untuk memastikan konflik tidak meningkat lebih lanjut. Karena ini akan lebih berbahaya dan lebih menghancurkan.

Pos terkait