Hasil Survei Indikator, Ganjar Pranowo Banyak Dipilih Pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin

Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 cenderung mendukung Ganjar Pranowo.
Survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 cenderung mendukung Ganjar Pranowo.Foto: iNews.id

JAKARTA, Jambiseru.com – Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia, Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo menjadi kandidat yang banyak dipilih pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Sementara dua kandidat lainnya, Prabowo dan Anies Baswedan berada di bawahnya.

Dari hasil survei tersebut, diketahui sebanyak 49,3 persen pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin cenderung memilih bacapres Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan, dari hasil survei yang dilakukan pihaknya, dukungan terhadap Ganjar Pranowo awalnya sempat mengalami penurunan di basis pemilik Jokowi-Ma’ruf Amin. Hal itu terjadi pada bulan April 2023 lalu. Namun Burhanuddin menilai hal itu merupakan efek batalnya gelaran piala dunia di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Tetapi saat itu pemilih Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf tidak lari ke yang lain. Nah ketika akhirnya Ganjar dapat tiket dari PDI Perjuangan, basis pemilih Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf mulai pulih lagi, meskipun sebagian sudah mengalir ke Pak Prabowo,” kata Burhanuddin melalui channel YouTube Indikator Politik Indonesia, Minggu (23/7/2023).

Sementara itu, beberapa pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin memang juga ada yang mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Namun, jumlahnya tidak begitu signifikan yakni hanya 28,5 persen. Hal itu, juga tidak terlepas dari adanya endorsemen Presiden Jokowi kepada Prabowo beberapa waktu lalu.

“Kan selama ini ada yang mengatakan Pak Prabowo elektabilitasnya meningkat karena Jokowi endorsemen. Nah kalau kita lihat memang ada buktinya, awalnya Pak Prabowo berada di kalangan Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf, kan ada 55 persen pemilih Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf hasil Pemilu 2019, itu Pak Prabowo konsisten berada di peringkat kedua,” kata Burhanuddin.

Secara berkelanjutan selama April hingga Juni 2023, kata Burhanuddin, pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin yang memilih Prabowo pun terus meningkat.

“April 2023, pemilih Jokowi yang memilih Pak Prabowo naik, dari 13 menjadi 27, naik lagi di bulan Juni,” katanya.

Sekadar informasi, lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei teranyar yang berjudul ‘Kepemimpinan Nasional dan Dinamika Elektoral Jelang 2024 di Mata Generasi Muda’.

Adapun, metode yang digunakan dalam survei ini yaitu multistage random sampling. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih dalam pemilu yakni sudah berusia di atas 17 tahun atau sudah menikah. Sementara itu, responden diwawancarai lewat tatap muka.

Pos terkait