KPK Amankan Uang Rp1 Miliar Lebih Saat Geledah Gedung DPRD

KPK
Ilustrasi Gedung KPK. Foto : Istimewa

Jambi Seru – KPK amankan uang Rp1 miliar lebih saat mengeledah gedung DPRD Jawa Timur. Penggeledahan tersebut dilakukan sejak Senin (19/12/2022) hingga selasa (20/12/2022).

Mengamankan uang Rp1 miliar lebih dan menggeledah gedung DPRD Jawa Timur ini dilakukan KPK, sebagai proses lanjutan dari penangkapan Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Sahat Tua Simanjuntak beberapa waktu lalu. Ia ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Usai diamankan, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur itu langsung ditetapkan sebagai tersangka, dalam kasus suap pengelolaan dana hibah Provinsi Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

Mengutip dari pikiran-rakyat.com (jaringan media indonesiadaily.co.id, partner jambiseru.com) dari artikel yang berjudul Geledah Gedung DPRD Jatim, KPK Amankan Uang Rp1 Miliar Lebih dan Barang Bukti Lain, selain mengamankan uang Rp1 miliar lebih, KPK juga mengamankan sejumlah dokumen terkait dengan pelaksanaan hibah serta uang Rp1 miliar.

“Penyidik KPK mengamankan sejumlah dokumen terkait dengan pelaksanaan hibah, termasuk barang bukti elektronik, serta uang tunai yang jumlahnya sejauh ini lebih dari Rp1 miliar,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Kamis (22/12/2022).

Ali Fikri menambahkan uang, dokumen, dan barang bukti tersebut diduga masih terkait dengan penyidikan perkara dugaan suap pengelolaan dana hibah APBD Jatim yang menjerat Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua P. Simandjuntak (STPS) selaku tersangka penerima suap.

Penggeledahan di Gedung DPRD Jatim itu dilakukan di ruang kerja ketua DPRD Jatim, wakil ketua DPRD Jatim, serta beberapa komisi dan fraksi.

Selain Gedung DPRD Jatim, kantor Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, kantor Wagub Emil Dardak, Sekretariat Daerah, dan Bappeda Jawa Timur turut digeledah KPK.

“Betul, hari ini tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di Kantor Gubernur, Wagub, Sekretariat Daerah, dan Bappeda Jatim di Surabaya,” katanya, di Jakarta, Rabu 21 Desember 2022.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa buka suara mengenai penggeledahan KPK di kantornya.

Khofifah memastikan tidak ada dokumen dari kantornya dan Emil Dardak yang dibawa oleh KPK.

“Yang terkonfirmasi di ruang gubernur tidak ada dokumen yang dibawa, di ruang wagub tidak ada dokumen yang dibawa,” kata Khofifah Indar Parawansa, Kamis, 22 Desember 2022.

“Di ruang sekda ada flashdisk yang dibawa. Posisinya seperti itu,” ucapnya menambahkan. (tra)

Pos terkait