Bupati Fadhil Minta Dinkes Segera Melakukan Pengecakan Obat Jenis Sirup di Setiap Apotek

Bupati Fadhil
Bupati Fadhil

Jambiseru.com– Bupati Batanghari M Fadhil Arief meminta Dinas Kesehatan segera menanggapi himbauan Kemenkes RI melakukan pengecekan peredaran obat-obatan
jenis sirup yang menyebakan kasus gagal ginjal terhadap anak-anak.

“Iya, kita minta dinkes segera mengecek peredaran obat-obatan tersebut di setiap apotek yang adi di Batanghari.Himbauan dari Kemenkes ini adalah salah satu bentuk antisipasi walaupun itu belum final hasil penelitiannya tentang sirup-sirup mana saja yang akan menimbulkan dampak gagal ginjal tersebut,” ungkap Bupati Batanghari M Fadhil Arief, Jum’at (21/10/2022)

Dikatakan Fadhil, apa lagi saat ini di berdasarkan informasi yang didapat, sudah ada korban jiwa. Jangan sampai hal tersebut terjadi di Bumi Serentak Bak Regam.

“Informasinya ada dua orang anak meninggal akibat gagal ginjal. Meskipun penyebabnya belu diketahui, tapi ada kecurigaan penyabbnya dari sirup yang dikomsumsi oleh anak tersebut,” ujarnya.

disebutkan Fadhil, karena anak-anak sekarang lebih suka mengkomsumsi obat sirup ketimbang obat-obatan dengan bentul kapsul atau pil,dikarenakan obat-obatan dengan jenis sirup ini memiliki rasa.

“Kita minta agar Dinkes bergerak cepat dengan mengecek peredaran obat-obatan tersebut, karena implementasi dari sekarang sangat penting. Sementara untuk edukasi, kita minta Dinas PMD melalui kepala desa mengimbau masyarakat yang berada di wilayahnya masing-masing,” katanya.(riz)

Pos terkait

banner pln