Presiden Jokowi Akhirnya Cabut Larangan Ekspor CPO Senin Depan

Presiden Joko Widodo
Presiden RI, Joko Widodo. Foto : IStimewa

Jambi Seru – Kabar gembira untuk petani sawit di seluruh Indonesia. Presiden Jokowi akhirnya cabut larangan ekspor Crude Palm Oil (CPO) senin (23/5/2022) depan. Tak hanya CPO, seluruh produk turunannya juga sudah bisa dieskpor.

Kebijakan tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi saat konferensi pers secara virtual di Istana Negara, Jakarta, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga : Ini Video Presiden Jokowi Cabut Larangan Ekspor CPO Sawit

Bacaan Lainnya

“Saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin 23 Mei 2022,” kata Jokowi.

Meskipun kran ekspor telah dibuka, Jokowi menambahkan bahwa pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan kelapa sawit tetap terpenuhi dengan harga terjangkau.

Jokowi menerangkan semenjak pemerintah melarang ekspor CPO, stok kelapa sawit di dalam negeri terus bertambah. Di mana untuk kebutuhan rata-rata nasional selama satu bulan sebesar 194 ribu ton.

“Pada bulan Maret sebelum dilakukan pelarangan ekspor pasokan kita hanya mencapai 64,5 ribu ton namun setelah dilakukan pelarangan ekspor di bulan April pasukan kita mencapai 211 ribu ton per bulannya melebihi kebutuhan nasional bulanan kita,” katanya.

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

banner pln