Dukung Vaksin Nusantara Terawan, Jokowi : Asal Ikuti Kaidah Ilmiah

Dukung Vaksin Nusantara Terawan
Presiden RI, Joko Widodo. (Ist)

JAMBISERU.COM – Presiden Jokowi memastikan dukungannya agar pihak-pihak di dalam negeri mampu mengembangkan produksi obat dan vaksin di tengah pandemi COVID-19. Tentunya termasuk pengembangan vaksin Nusantara dan Merah Putih yang belakangan ini dibicarakan.

“Tentu kita semuanya mendukung adanya penelitian dan pengembangan baik itu obat maupun vaksin agar terwujud kemandirian di bidang farmasi sekaligus untuk percepatan akses ketersediaan vaksin di masa pandemi COVID-19 ini,” kata Jokowi dalam keterangan via video, Jumat (12/3).

Namun di sisi lain, Jokowi juga mengingatkan setiap penelitian vaksin ini harus sesuai kaidah saintifik.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, untuk vaksin Nusantara gagasan eks Menkes Terawan Agus Putranto, masih ada sejumlah hal yang dinilai BPOM bermasalah.

Seperti data yang belum lengkap, proses uji klinis tak sesuai standar Good Clinical Practice (GCP) dan tak melewati uji praklinis ke hewan. Oleh karena itu uji klinis belum diizinkan berlanjut ke tahap II.

“Untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat dan bermutu, mereka juga harus mengikuti kaidah-kaidah saintifik,” tandas Jokowi.

Tak hanya itu saja, dalam menjalankan kaidah tersebut juga harus dilakukan secara terbuka sehingga diketahui banyak pihak. Dalam hal ini, prosesnya pun harus melibatkan banyak ahli di bidangnya.

“Kaidah-kaidah keilmuan dan uji klinis harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku, terbuka, transparan, serta melibatkan banyak ahli,” ujarnya.

Bagi Jokowi, persyaratan dan tahapan ini sangat penting dilakukan untuk membuktikan bahwa proses pembuatan vaksin mengedepankan unsur kehati-hatian dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Sehingga, vaksin yang dihasilkan aman dan efektif dalam penggunaannya nanti.

“Jika semua tahapan sudah dilalui, kita percepat produksi untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri akan vaksin,” pungkas Jokowi. (*)

Sumber: Kumparan.com

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Kepala BKPSDMD Merangin Lantik Lima Pejabat Fungsional Inspektorat

Berita Jambiseru[dot]com Lainnya : Soal PETI, Kapolres Merangin Warning Kades

Pos terkait