Awan Panas Disemburkan Gunung Merapi Sejauh 2 KM

  • Whatsapp
Awan Panas Disemburkan Gunung Merapi
Foto istimewa. (Ist)

Jambiseru.com – Awan panas kembali disemburkan Gunung Merapi. Kali ini, awan panas yang disembur hingga sejauh 2 kilometer ke arah barat daya.

Awan panas mulai disemburkan Gunung Merapi pada Selasa (9/11/2021) malam sekitar pukul 18.17 WIB. Selain semburan awan panas, larva pijar juga terlihat keluar dari puncak gunung.

Baca Juga : Sekda Merangin Tegaskan Pemkab Harus Gercep Reformasi Birokrasi

“Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 35 mm dan durasi 180 detik,” kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida dalam keterangan tertulis.

BPPTKG juga mencatat 10 kali guguran lava pijar meluncur dari gunung api aktif itu sejauh 1.800 meter ke arah barat daya pada periode pengamatan pada Selasa pukul 00.00 sampai 06.00 WIB.

Selama lahar panas keluar, terdengar suara guguran satu kali dengan intensitas di bawah sedang selama pengamatan Merapi pukul 06.00 sampai 12.00 WIB.

Sementara itu, berkaitan dengan hujan yang mengguyur puncak Gunung Merapi sejak pukul 14.51 WIB dengan total curah hujan 71 mm, Hanik juga meminta masyarakat mewaspadai potensi lahar hujan di sepanjang alur sungai yang berhulu Merapi.

“Masyarakat yang beraktivitas di alur sungai yang berhulu di Merapi agar mewaspadai bahaya lahar,” ujar dia.

Hingga saat ini, status aktivitas vulkanik Gunung Merapi berada pada level III atau Siaga.

Pos terkait