Peneliti Temukan Virus Misterius di Bawah Gletser Tibet

ilustrasi-glasier-di-tibet
Ilustrasi gletser di Tibet. [Shutterstock]

Peneliti Temukan Virus Misterius di Bawah Gletser Tibet

JAMBISERU.COM – Gletser es yang berada di dataran tinggi Tibet, rupanya menjadi rumah bagi virus-virus misterius. Anehnya, virus-virus yang diduga berbahaya tersebut diperkirakan sudah terjebak di kawasan tersebut selama lebih dari 15 ribu tahun.

BACA JUGAZodiak Kesehatan 27 Januari 2020: Gemini, Pisces Redakan Stres dengan Yoga

Bacaan Lainnya

Tim peneliti gabungan dari China dan Amerika Serikat menyatakan bahwa mereka berhasil menemukan 28 jenis virus baru, sekaligus memperingatkan bahwa perubahan iklim bisa saja melepaskan virus kuno ini ke dunia modern.

Sebelum sampai pada temuan tersebut, tim penelitian mengebor hingga kedalaman 50 meter untuk mengambil dua buah inti es. Lalu dengan teknik mikrobiologi, mereka dapat mengidentifikasi eksistensi mikroba.

“Mikroba yang ada berbeda secara signifikan di dua inti es, kemungkinan terkait dua kondisi iklim sangat berbeda saat waktu penyimpanan,” ujar tim peneliti seperti dikutip Suara.com–media partner Jambiseru.com dari laman Science Alert, Senin (27/1/2020).

BACA JUGAGarda Satwa Indonesia Sebut Pasar Ekstrem Tomohon Manado Mirip Pasar Wuhan

“Perubahan iklim bisa melenyapkan rekaman mikroba yang bisa didiagnosa dan memberi informasi Bumi masa lalu, namun demikian dalam skenario terburuk, mencairnya es juga bisa melepaskan patogen ke lingkungan,” pungkasnya. (put)

Pos terkait