152.220 Pekerja Gagal Dapat BLT Subsidi Gaji

Syarat untuk dapat BLT Subsidi
Ilustrasi BLT. Foto : Istimewa

152.220 Pekerja Gagal Dapat BLT Subsidi Gaji

Jambiseru.com – Pemerintah memastikan 152.220 pekerja gagal mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji. Bantuan ini gagal diperoleh oleh para pekerja tersebut, lantaran ada permasalahan pada nomor rekening.

Baca Juga : Viral! Video Mempelai Perempuan Jijik Disentuh Suaminya

Bacaan Lainnya

Walaupun pada penyerahan BLT sebelumnya, sebagian dari para pekerja tersebut tercatat masuk dalam daftar 12,4 juta pekerja penerima BLT. Data mereka juga sudah diserahkan pihak BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek ke Kementrian Ketenagakerjaan.

Direktur Jenderal Kelembagaan dan Hubungan Industrial Kemnaker, Aswansyah, mengatakan bantuan tidak dapat disalurkan kepada 152 ribu pekerja ini lantaran rekening tidak valid.

“Hingga batch ke-6 terdapat rekening yang tidak dapat disalurkan sebanyak 152.220 rekening,” jelas Aswansyah dalam webinar Menuntaskan Penyaluran Bantuan Subsidi Upah, Senin (26/10/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Direktur Humas BPJamsostek Irvansyah Utoh Banja mengatakan, terdapat sebanyak 171.998 rekening yang dikembalikan Kemnaker lantaran tidak valid.

BPJamsostek kemudian melakukan validasi ulang kepada perusahaan. Hasilnya, hanya 155.707 data rekening yang berhasil dikembalikan lagi ke Kemnaker.

“Sementara 1.599 rekening validasi ulang ke kantor cabang. Dan 14.692 data yang memang tidak ada konfirmasi lagi dari perusahaan, sehingga tidak berhak mendapat BSU,” ujar Irvansyah.

Seiring berjalannya waktu, kata Irvansyah, Kemnaker kembali melaporkan ada 152.220 data yang tidak valid. Ia menilai hal itu bisa terjadi karena banyak rekening yang akhirnya terblokir lantaran tidak ada transaksi.

Baca Juga : Ledakan dan Kepulan Asap Pekat Hebohkan Warga Kenali Asam Bawah

“Di perjalanan ada data dikembalikan karena berbagai sebab, nomor rekening tidak valid itu dikembalikan ke kami. Sebabnya bisa karena waktu awal masih aktif, berjalannya waktu rekening tidak aktif karena tidak ada transaksi,” ujarnya. (tra)

Sumber : Kumparan.com

Pos terkait