Hindari Penyebaran Corona, Perantau Diimbau Tidak Mudik

  • Whatsapp
puncak-arus-mudik
Ilustrasi arus mudik. Foto : Istimewa

Hindari Penyebaran Corona, Perantau Diimbau Tidak Mudik

Jambiseru.com – Guna menghindari penyebaran Virus Corona atau Covid-19 ke daerah, para parantau diminta untuk tidak mudik sampai wabah mereda. Imbauan ini disampaikan langsung oleh Ketua umum Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP), Refrizal.

Bacaan Lainnya

Baca JugaSatu Pasien Dinyatakan Positif Corona dan Satu PDP Meninggal di Sumatera Barat

Ia mengimbau, agar para perantau yang tersebar di berbagai daerah agar tidak mudik Lebaran guna mengantisipasi penularan virus corona penyebab COVID-19 di Tanah Air.

“Kalau situasi ini terus berlanjut dan tidak ada situasi yang mendesak sebaiknya tidak mudik dulu,” kata dia, dilansir Antara, Kamis (26/3/2020).

Refizal juga mengatakan, akan jauh lebih baik apabila para perantau asal Sumatera Barat (Sumbar), khususnya Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman menahan diri hingga situasi membaik.

Sebab jika ada perantau tetap bersikukuh untuk mudik saat Lebaran, dikhawatirkan malah ada yang terjangkit dan membawa wabah virus ke kampung halaman masing-masing. Hal itu tentunya malah akan menambah masalah.

“Tapi kalau ada yang tidak bisa ditunda atau mendesak sekali ya tidak masalah pulang kampung,” kata dia.

Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut mengatakan juga sudah banyak menerima laporan dari perantau yang ingin pulang kampung menjelang Lebaran 2020.

“Banyak yang sudah lapor ke saya terutama sebelum adanya wabah virus corona ini,” ujar dia.

Sebagai Ketum PKDP, Refrizal mengaku sudah beberapa kali menyampaikan imbauan dan sosialisasi kepada para perantau agar mengikuti arahan pemerintah untuk tidak mudik dulu.

“PKDP setuju dengan imbauan tersebut. Ini bukan bencana lokal, virus ini bisa menular dari orang ke orang,” ujar tokoh asal Sumbar tersebut.

Terpisah, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengimbau masyarakat yang merantau ke berbagai daerah di Indonesia untuk tidak pulang kampung untuk sementara waktu menghindari masuknya virus corona tipe baru ke wilayah tersebut.

Baca JugaSatu Orang TKI yang Tiba di Kualatungkal Langsung Diisolasi

“Kami imbau. Untuk sementara jangan pulang dulu karena dikhawatirkan membawa virus corona sehingga membahayakan,” katanya. (tra)

Pos terkait