MUI Batanghari Izinkan Sholat Idul Adha Berjamaah

  • Whatsapp
Ilustrasi berdoa. (Ist)
Ilustrasi. (Ist)

MUI Batanghari Izinkan Sholat Idul Adha Berjamaah

JAMBISERU.COM, Batanghari – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Batanghari akhirnya memperbolehkan pelaksanaan sholat Idul Adha di tengah pendemi Covid 19 yang akan dilaksanakan akhir bulan Juli Tahun 2020/1441 Hijriah mendatang.

Bacaan Lainnya

Baca JugaPolisi Tangkap Bandar Narkoba di Simpang Niam

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Batanghari, Zaharudin mengatakan, diperbolehkannya sholat Idul Adha tersebut berdasarkan ketentuan yang dikeluarkan oleh MUI yang tercantum dalam Fatwa MUI Nomor 36 Tahun 2020 tentang sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban di tengah pendemi Covid 19.

“Pelaksanaan sholat yang dilaksanakan harus sesuai dengan anjuran protokol kesehatan agar mencegah terjadinya penyebaran Covid 19. Dalam hal tersebut cara mencegahnya dengan memperpendek bacaan sholat dan pelaksanaan khutbah,” kata Ketua MUI Kabupaten Batanghari, Zaharudin, Minggu (19/7/2020).

Disebutkan Zaharudin, selain memperpendek bacaan sholat, dalam pelaksanaan sholat nanti untuk stafnya harus menjaga jarak.

“Dan juga harus memakai masker serta kalau bisa membawa membawa sejadah sendiri dari rumah,” terangnya.

Dilanjutkan Zaharudin, untuk pelaksanaan penyembelihan hewan qurban para petugas atau panitia qurban harus mengikuti protokoler kesehatan.

“Iya, panitia qurban harus mengikuti protokoler kesehatan dengan mencuci tangan terlebih dahulu, memakai masker dan menjaga jarak,” ujarnya.

Sementara itu, untuk pembagian daging qurbannya, dikatakan Zaharudin, masyarakat boleh berkumpul dan tetap perhatikan anjuran protokol kesehatan.

Baca JugaPencuri Sapi di Tebo Didor

“Kalau bisa dibatasi lima orang dalam setiap pengambilan dan bisa juga dengan cara lain, seperti mengantarkan daging qurban tersebut ke rumah-rumah warga yang menerima,” pungkasnya. (riz)

Pos terkait