Dosen Sendratasik Unja Gelar Pelatihan Tari Berbasis Tradisi ke Guru SMP di Tanjab Timur

  • Whatsapp

Dosen Sendratasik Unja Gelar Pelatihan Tari Berbasis Tradisi ke Guru SMP di Tanjab Timur

JAMBISERU.COM – Dosen Program Studi Seni, Drama, Tari dan Musik (Sendratasik), Universitas Jambi melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat kepada guru seni di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur), Senin (29/6/2020).

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan ini pun dilakukan di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur). Pengabdian kali ini bertema pelatihan Tari Berbasis Tradisi.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti sebanyak 3 dosen dari Prodi Sendratasik Unja. Kegiatan ini pun diketuai oleh Hartati M, S.Kar M.Hum. Sedangkan dua orang lagi merupakan anggota yakni, Raflesia Meirina, S.Sn M.Sn dan Indra Gunawan, S.Sn, M.Sn.

Kepada para guru, Raflesia Meirina mengajarkan bagaimana mengembangkan koregrafi tari dalam bentuk baru, namun tetap berangkat dari pijakan tradisi yang sudah ada. Sehingga tari-tari yang muncul tidak lepas begitu saja.

Kata dia, dalam menciptakan sebuah tarian, pertama-tama dimulai dari eksplorasi yang artinya penjelajahan. Baik penjelajahan konsep, maupun gerak.

Selanjutnya improvisasi, yang berarti gerak secara spontan muncul setelah melakukan eksplorasi.

“Setelah itu, lanjut ke tahap pembentukan dengan menyusun pola-pola gerak menjadi satu kesatuan yang utuh dari ruang, waktu dan tenaga,” kata Raflesia.

Raflesia menyebutkan, untuk tahapan yang terakhir yaitu evaluasi.

“Mengoreksi kembali tatanan gerak yang sudah dirangkai,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Tanjab Timur, Junaidi Rahmat menyampaikan bahwa, dirinya merasa senang dengan adanya kegiatan ini.

“Dengan kegiatan ini, ke depan kita harapkan para guru seni di sini dapat membuat tarian sendiri dan membawa nama Kabupaten Tanjung Jabung Timur ditingkat Provinsi maupun Nasional,” tandasnya. (uda)

Pos terkait