Jadi Buron 30 Tahun, Mafia Asal Italia Akhirnya Tertangkap

Mafia Asal Italia
Bos mafia asal Italia, Matteo Messina Denaro saat ditangkap polisi. (ANTARA)

Jambi Seru – Setelah jadi buronan selama 30 tahun, akhirnya pelarian Matteo Messina Denaro, bos mafia asal Italia berakhirnya berakhir. Ia tertangkap oleh polisi di Sisilia pada Senin (16/1/2023) waktu setempat.

Bos mafia berusia 60 tahun itu ditangkap saat tengah berobat di sebuah klinik pribadinya di daerah Palermo, Sisilia. Setelah ditangkap, Denaro kemudian dibawa ke lokasi rahasia oleh polisi Italia Carabinieri.

Diketahui, Matteo Messina Denaro merupakan salah satu pentolan bos mafia di Sisilia yang cukup terkenal. Dia memiliki julukan Cosa Nostra.

Mengutip dari laman kantor berita pemerintah, ANTARA, Denaro divonis hukuman penjara seumur hidup dalam persidangan yang berlangsung secara in absentia, karena perannya dalam serangkaian pembunuhan, termasuk pembunuhan jaksa anti mafia Giovanni Falcone dan Paolo Borsellino pada 1992 silam.

Persidangan in absentia adalah peradilan suatu perkara tanpa kehadiran pihak tergugat dalam perkara perdata dan tata usaha negara atau pihak terdakwa dalam perkara pidana.

Dia juga dijatuhi penjara seumur hidup karena berperan dalam serangan bom pada 1993 di Florence, Roma, dan Milan yang menewaskan 10 orang.

Perdana Menteri Italia Giorgio Meloni mengatakan penangkapan Denaro itu sebagai kemenangan besar negaranya atas mafia.

“Sebuah kemenangan besar bagi negara yang tidak pernah menyerah di hadapan para mafia. Setelah peningkatan penangkapan Toto Riina, pelaku kejahatan terorganisir lainnya, Matteo Messina Denaro, diadili,” kata Meloni dalam cuitan di akun Twitter miliknya.

“Pencegahan dan pemberantasan kejahatan mafia akan terus menjadi prioritas mutlak pemerintahan ini,” katanya.

Denaro merupakan pemimpin terakhir Cosa Nostra yang telah menjadi buron sejak 1993. Namun, jaksa penuntut anti mafia meyakini bahwa dia masih bisa memberikan perintah dari berbagai lokasi rahasia. (tra)

Pos terkait