Pilpres 2024: PDIP Diprediksi Tak Akan Maju Sendiri

Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa.
Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa. (Ist)

Jambi Seru – Dalam menghadapi Pilpres 2024 mendatang, PDIP diprediksi tak akan maju sendiri. Partai besutan Megawati Soekarno Putri itu pasti akan mencari tambahan parpol atau membentuk koalisi. Kendatipun PDIP kuat dan bisa mencalonkan preden dan wakil presiden sendiri.

Menurut peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Ardian Sopa, PDI Perjuangan meski kuat dan bisa mencalonkan presiden dan wakil presiden sendiri, namum tidak akan maju sendirian.

Hal itu disampaikan Ardian dalam paparan analisisnya bertajuk ‘Pertarungan Tiga Poros Utama Pilpres di Segmen Pemilih Puas, Moderat dan Tidak Puas’ secara daring, Senin (15/8/2022).

“Poros PDIP besar kemungkinan tak maju sendirian tapi menggandeng partai lain,” kata Ardian.

Ardian menambahkan, dalam menggandeng partai lain, PDI Perjuangan dianggap sulit menjalin kerja sama dengan sejumlah partai. Misalnya dengan PKS, Demokrat, dan NasDem.

“Dengan PKS tidak bisa karena alasan ideologi, dengan Demokrat karena alasan ketidak harmonisan sejak lama Megawati dengan SBY, dan dengan NasDem alasannya Megawati dan Surya Paloh kurang seirama,” tuturnya.

Adapun dalam survei terbaru LSI Denny JA, disebutkan poros PDI Perjuangan akan cenderung dipilih oleh responden yang menyatakan puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Jokowi.

“PDIP menang di pemilih yang puas karena identifikasi Jokowi lebih dekat dengan PDIP,” tuturnya.

“Dari responden yang puas, sebesar 25,4 persen memilih poros PDI Perjuangan, lalu 25,4 persen responden memilih poros Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), serta 18,3 persen responden memilih poros koalisi Partai Gerindra dan PKB,” sambungnya.

Jambi Berita Terkini, Indonesia Terbaru, dan entertainment film yang tayang di web Jambiseru.com, juga tayang di medsos Jambi Seru.

Pos terkait

hut rihut tanjabarbanner pln