5 Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Jambi

5 Tempat Wisata
Sumber: Unsplash.com - @dapiki

Jambi Seru – Setiap daerah di Indonesia mempunyai keindahan dan keunikannya masing-masing. Tak ketinggalan salah satu Provinsi di Pulau Sumatera, yaitu Jambi yang juga memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Jika Anda tertarik liburan ke Jambi jangan lupa untuk mempersiapkan kamera. Bahkan, Anda dapat membawa drone untuk mengabadikan keindahan dan momen seru dari atas. Langsung saja, berikut ulasan mengenai 5 rekomendasi tempat wisata di Jambi.

1. Pulau Penyu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Di Provinsi Jambi, terdapat satu pulau tak berpenghuni yang menyimpan keindahan alamnya. Pulau ini terkenal dengan habitat penyu dan jika beruntung, Anda dapat melihat setidaknya 5-6 ekor penyu bertelur saat musimnya. Oleh karena itu, pulau ini dikenal sebagai Pulau Penyu oleh masyarakat sekitar.

Bacaan Lainnya

Memang daya tarik utama dari pulau ini adalah penyu. Akan tetapi apabila Anda tidak menemukan hewan ini, Pulau Penyu masih menyimpan keindahan lainnya. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih halus yang membuat Anda merasa nyaman saat bermain dan berjalan di atasnya.

Baca juga : Wisata di Jambi Taman Putri Pinang Masak Mulai Dibangun

Selain itu, air laut di sekitar pulau ini berwarna biru dan cukup jernih sehingga wisatawan dapat melihat kehidupan bawah laut yang memikat hati. Tidak ketinggalan juga momen menakjubkan saat matahari terbenam.

2. Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci

Gunung Kerinci termasuk salah satu destinasi favorit pendaki di Jambi. Walaupun trek pendakiannya cukup ekstrem dan menguras tenaga, semua itu akan terbayar nantinya dengan pemandangan indah selama di perjalanan. Di samping itu, trek pendakian gunung ini hanya ada satu sehingga dapat mengurangi risiko pendaki tersesat.

Memiliki ketinggian 3800 mdpl menjadikan gunung ini sebagai yang tertinggi di Pulau Sumatera. Sementara untuk skala nasional, Gunung Kerinci berada pada posisi ke dua dari tujuh gunung tertinggi yang ada di Indonesia.

Kawasan Gunung Kerinci juga dinobatkan sebagai taman nasional oleh pemerintah sehingga orang juga mengenal gunung ini dengan sebutan Taman Nasional Kerinci. Walaupun terletak di Provinsi Jambi, sebagian kawasan taman nasional juga termasuk ke dalam Provinsi Sumatera Barat yang memang posisinya bersebelahan.

Saat mengunjungi Gunung Kerinci, pastikan cuaca sedang bersahabat agar perjalanan lebih aman dan bawalah perlengkapan pendakian lengkap. Biasanya pengunjung akan memulai pendakian pada malam hari dengan tujuan untuk mengejar momen matahari terbit yang bisa menjadi pengalaman terbaik saat berlibur di Jambi.

3. Telaga Biru, Kabupaten Merangin

Surga tersembunyi juga terdapat di Provinsi Jambi yang diberi nama Telaga Biru. Saat mengunjungi telaga yang berlokasi di kawasan Tanjung Alam, Anda akan langsung disuguhkan dengan warna airnya yang biru. Danau ini pun sempat viral di media sosial karena pesona alamnya yang unik.

Lokasi telaga ini sebenarnya tidak begitu dikenal. Terlebih lagi, jalur menuju ke sini dinilai menantang dan menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam berjalan kaki. Tak banyak dikunjungi manusia pun membuat lingkungan sekitar Telaga Biru terjaga keasriannya dan udara sekitar pun terasa sejuk.

Permukaan air di Telaga Biru terlihat begitu tenang dan jernih sehingga pengunjung dapat bercermin di sini. Kemudian yang tak kalah menarik adalah deretan lumut hijau di dasar telaga. Perpaduan warna lumut dan air begitu memesona dan mungkin membuat Anda betah berlama-lama.

4. Candi Muaro Jambi, Kabupaten Muaro Jambi

Tahukah Anda bahwa Candi Muaro dulunya merupakan pusat pendidikan yang terbesar di Asia? Pada abad ketujuh kawasan ini banyak didatangi orang untuk belajar mengenai kedokteran & obat-obatan, filsafat, seni, dan arsitektur.

Berkunjung ke Candi Muaro akan membawa Anda mengenal salah satu peninggalan bangunan dari Kerajaan Sriwijaya yang dibangun sekitar abad ke-7 hingga 12 Masehi. Kawasan ini dapat menampung banyak pengunjung karena luasnya juga hampir mencapai 4000 hektare. Tak heran jika Kompleks Candi Muaro Jambi dinobatkan sebagai kompleks candi terluas di Indonesia dan Asia Tenggara.

Menariknya lagi, Candi ini termasuk ke dalam daftar warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 2009. Untuk mengunjungi tempat ini Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp5000 saja, cukup terjangkau bukan? Tempat ini dibuka setiap hari mulai dari jam 8 pagi dan tutup jam 6 sore.

5. Jembatan Gentala Arasy, Kota Jambi

Di pusat kota Jambi, terdapat salah satu destinasi wisata menarik yaitu Jembatan Gentala Arasy, yang merupakan sebuah jembatan yang terbentang di atas Sungai Batanghari. Jembatan ini membentang sepanjang 500 meter dan lebar mencapai 4,5 meter. Oleh karena ukurannya yang terbatas, jembatan ini hanya bisa dilewati oleh sepeda motor dan pejalan kaki saja.

Selain itu, masih di sekitar jembatan yang ikonik ini terdapat sebuah museum bersejarah. Anda dapat mempelajari sejarah perkembangan agama Islam di kota ini dengan berbagai benda dan artefak yang dipamerkan.

Nah, itulah 5 rekomendasi tempat wisata di Jambi yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Beragam keindahan alam dan buatan cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta. Liburan di masa menuju endemi ini jangan membuat kita lengah, tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku dan jaga kesehatan. Semoga bermanfaat! (*)

Pos terkait