Usai Golkar dan PAN Deklarasikan Dukungan Pada Prabowo, PPP: KIB Auto Bubar

kib auto bubar

JAKARTA, Jambiseru.com – Usai Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) deklarasikan dukungan pada Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang, Ketua Majelis Pertimbangan DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M. Romahurmuziy menyatakan jika Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) auto bubar.

Ditegaskan Romahurmuziy, jika Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang sudah dideklarasikan Partai Golkar, PAN, dan PPP otomatis bubar. Pasalnya, Golkar dan PAN kini mendukung Prabowo Subianto, PPP mengusung Ganjar Pranowo.

“Dari awal saya sampaikan bahwa KIB auto-bubar manakala partai-partai anggotanya semua sudah menyatakan dukungan resmi yang berbeda kepada bacapres tertentu,” ujar Romahurmuziy, Minggu (13/8/2023).

Bacaan Lainnya

Dia menyebutkan sikap dan pilihan politik Golkar dan PAN secara tidak langsung membuat KIB secara resmi bubar.

“Dengan adanya dukungan resmi PAN dan Partai Golkar ke Prabowo hari ini, otomatis hari ini pula lah ‘peresmian’ bubarnya KIB alias goodbye KIB,” kata dia.

Dia mengaku tidak terkejut dengan sikap PAN mendukung Prabowo Subianto. Pasalnya Erick Thohir digadang-gadang yang akan menjadi Bacawapres Prabowo.

“Kami tidak terkejut, karena dukungan PAN konsekuensi kemungkinan Erick Thohir akan digandeng Prabowo Subianto. Jadi sudah lama kita prediksi kalau PAN akan melabuhkan pilihan di mana Erick berlabuh,” kata pria yang akrab dipanggil Romy tersebut.

Sedangkan keputusan Partai Golkar, Romy mengaku memang sayup-sayup sudah mendengar bahwa partai berlambang pohon beringin tersebut akan merapat ke Prabowo.

“Karena memang secara chemistry mereka lebih dekat dengan Partai Gerindra mengingat Prabowo dulunya juga kader Golkar. Apapun, Golkar didirikan almarhum Pak Soeharto yang juga pernah menjadi mertua Prabowo Subianto,” katanya. (tra)

Sumber : iNews.id

Pos terkait