Penerimaan Siswa Baru SMA dan SMK di Provinsi Jambi Segera Dibuka, Ini Jadwalnya

Ilustrasi meja dan kursi sekolah. (Ist)
Ilustrasi meja dan kursi sekolah. (Ist)

JAMBI, Jambiseru.com – Penerimaan siswa baru atau biasa disebut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMA dan SMK di Provinsi Jambi tahun 2023 segera dibuka. Seluruh siswa SMP sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan harap segera mempersiapkan diri.

Mengutip dari laman https://ppdb.disdik.jambiprov.go.id, pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jambi telah melakukan penyusunan jadwal pelaksanaan PPDB. Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada empat jalur yang akan digunakan untuk seleksi penerimaan siswa.

Sebanyak empat jalur tersebut yaitu jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi, dan jalur pindah tugas orang tua. Jalur zonasi merupakan jalur dengan penerimaan terbanyak dan diperuntukkan bagi peserta didik yang tinggal di sekitar wilayah sekolah.

Sementara jalur prestasi diperuntukkan bagi calon siswa yang berasal dari luar zonasi sekolah yang memiliki prestasi tinggi. Kemudian jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan anak penyandang disabilitas. Sedangkan jalur pindah orang tua, merupakan jalur yang digunakan calon siswa yang orang tuanya pindah tugas dan ditempatkan di wilayah zonasi sekolah.

Proses PPDB akan dilakukkan secara daring atau online. Calon siswa juga bisa melihat hasil seleksi melalui website dinas pendidikan.

Berikut ini jadwal pelaksanaan PPDB untuk SMA dan SMK se-Provinsi Jambi tahun 2023:

1. Sosialisasi PPDB melalui media sosialisasi Kabupaten/Kota April sampai Juni 2023

2. Pendaftaran PPDB jalur afirmasi tanggal 09 sampai 23 Juni 2023

3. Pendaftaran PPDB jalur Zonasi, pindah tugas orang tua, dan prestasi dan non prestasi akademik tanggal 19 sampai 23 Juni 2023

4. Verifikasi berkas online tanggal 09 sampai 23 Juni 2023

5. Verifikasi Factual tanggal 24 sampai 25 Juni 2023

6. Pengumuman hasil PPDB tanggal 26 Juni 2023

7. Hari Pertama Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tanggal 17 Juli 2023. (tra)

Pos terkait